Viral, Video Pengendara Motor Diseruduk Pikap Saat Terobos Lampu Merah

Kompas.com - 22/02/2021, 07:22 WIB
Pengendara Motor Diseruduk Mobil Pikap Saat Terobos Lampu Merah instagram.com/dashcamindonesiaPengendara Motor Diseruduk Mobil Pikap Saat Terobos Lampu Merah

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah video yang merekam kejadian kecelakaan lalu lintas di Simpang Empang jalan Durian Soekarno Hatta, Riau, yang melibatkan mobil pikap dan sepeda motor viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh pemilik akun instagram @dashcamindonesia, Minggu (21/2/2021).

Peristiwa nahas itu bermula ketika pengendara sepeda motor nekat menyerobot lampu merah. Pria yang mengenakan kaos merah itu nampak tidak takut melawan arus.

Baca juga: Seberapa Aman Mobil Listrik Bisa Melintasi Banjir?

Ketika merasa ada celah, pengendara motor tersebut berusaha tancap gas. Sayangnya, dari arah samping mobil pikap berjalan kencang saat lampu hijau dan langsung menyeruduk pengendara motor tersebut.

Sontak pengemudi sepeda motor itupun terlempar ke aspal usai dihantam keras oleh mobil pikap tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Berkaca dari kejadian ini, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada sikap yang harus dilakukan ketika berada di persimpangan agar tetap selamat.

“Paling aman yaitu jangan langsung jalan saat lampu lalu lintas berubah hijau. Karena bisa saja ada orang yang nekat menerobos lampu merah,” ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Marcell menambahkan, lakukan double check dengan menengok. Waspada terhadap kendaraan yang tertutup oleh kendaraan lain dan blind spot karena pilar mobil kita.

Baca juga: Berapa Besar Penurunan Harga Mobil Bekas saat Bebas PPnBM Berlaku?

Selain itu, jangan anggap lampu lalu lintas seperti ingin mulai balapan.

“Pengemudi juga harus waspada dengan sedikit mengurangi kecepatan ketika melewati persimpangan, walaupun lampunya hijau. Hal ini untuk mengantisipasi lampu berganti jadi merah, sehingga bisa berenti tepat waktu,” kata Marcell.

Kemudian jika ingin mengurangi kecepatan di persimpangan, jangan mendadak, cukup dengan angkat kaki dari pedal gas. Karena jika mendadak, bisa memicu emosi dari pengguna jalan yang ada di belakang kendaraan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X