Kompas.com - 23/02/2021, 09:12 WIB
Ilustrasi cuci motor http://4.bp.blogspot.com/Ilustrasi cuci motor

JAKARTA, KOMPAS.com – Musibah banjir melanda beberapa wilayah di Jakarta. Banjir yang datang di malam hari membuat pemilik barang, salah satunya motor tidak sempat untuk diamankan.

Setelah banjir surut, melihat kondisi motor yang sudah terendam tentunya terlihat lebih kusam. Mengingat air yang dibawa banjir kotor dan kadang ada lumpurnya.

Pemilik Fusion Motocare & Detailing di bilangan Depok Joey Tumanduk mengatakan, jika motor yang terendam banjir tidak langsung ditangani, akan semakin sulit untuk membersihkannya.

Baca juga: Terjadi Lagi, Kasus Pelemparan Batu di Jalan Tol

Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).Dokumen pribadi Bambang Soesatyo Sepeda motor terendam banjir di rumah anak Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Dimaz Raditya Soesatyo, di Kemang, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

"Sisa-sisa lumpurnya bisa menempel, bahkan bisa merusak cat. Parahnya lagi, bisa menyebabkan karat," ujar Joey, kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Joey mengatakan, untuk membersihkan motor yang baru terendam banjir, langkah pertama yang dilakukan adalah membersihkan dengan kompresor atau mesin steam.

Baca juga: Mirip di Tuban, Miliarder Dadakan di Kuningan Borong Nmax, PCX Hingga Mobil

"Jika sudah dicuci, baru selanjutnya dilakukan detailing atau dipoles. Bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke salon motor," kata Joey.

Untuk bagian mesin, jika ada kotoran yang sulit terangkat, bisa menggunakan cairan engine degreaser. Cairan ini bisa didapatkan di toko-toko perkakas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.