Ini Upaya Pengelola Parkir dalam Mengatasi Kendaraan yang Lama Tak Diambil

Kompas.com - 20/02/2021, 11:02 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian kendaraan parkir hingga dalam waktu lama bahkan lebih dari satu tahun, pernah terjadi di beberapa lokasi.

Bahkan yang sempat viral di dunia maya, yakni tiga sepeda motor parkir di RS Bhakti Yudha, Depok, Jawa Barat.

Hingga saat ini ketiga motor yang terdiri dari Honda Vario, Yamaha Jupiter Z dan Jupiter MX belum juga diambil oleh pemiliknya.

Dari informasi yang didapatkan ketiga kendaraan roda dua tersebut bahkan sudah berada di tempat parkir rumah sakit lebih dari tiga tahun.

Baca juga: Heboh Warga Satu Kampung Beli Ratusan Mobil Baru, Diler Kewalahan

Jika dilakukan perhitungan mengenai biaya parkirnya bisa mencapai lebih dari Rp 52 juta atau jauh lebih mahal dari harga motornya.

Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.KOMPAS.COM/Ari Purnomo Kondisi mobil Suzuki Grand Vitara yang parkir di Bandara Adi Soemarmo lebih dari enam bulan. Lamanya waktu parkir membuat tagihan tarif parkir mencapai lebih dari Rp 10 juta.

Pengelola parkir biasanya akan melakukan beberapa tindakan untuk mengatasi adanya kendaraan yang tidak diambil oleh pemiliknya.

Ketua Indonesia Parking Association (IPA) Rio Octaviano mengatakan, ada beberapa tahapan yang akan dilakukan oleh pengelola parkir jika ada kendaraan yang tidak juga diambil.

“Contohnya, di apartemen ada kendaraan mengendap terlalu lama (bertahun-tahun), maka prosedur yang dijalankan adalah pertama mencari informasi mengenai pemiliknya,” kata Rio kepada Kompas.com, Jumat (19/2/2021).

Baca juga: Dapat Uang Rp 24 Miliar, Pria Ini Beli Xpander meski Belum Bisa Nyetir

Bila diketahui pemiliknya atau unit pemilik, Rio melanjutkan, maka pihak pengelola akan melayangkan surat pemberitahuan.

Pengendara sepeda motor membayar retribusi parkir kendaraan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (5/12).ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja Pengendara sepeda motor membayar retribusi parkir kendaraan di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Selasa (5/12).

“Tetapi, jika tidak diketahui pemilik dari kendaraan tersebut maka pengelola akan menyurati satlantas setempat untuk mengetahui kepemilikan ranmor (kendaraan bermotor),” ucapnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.