Pasang Lapisan Anti Karat, Ingat Juga Perawatannya

Kompas.com - 12/02/2021, 10:02 WIB
Lapisan anti karat blogger otomotifLapisan anti karat

JAKARTA, KOMPAS.comLapisan anti karat kerap dijadikan bonus ketika membeli mobil baru dari diler. Lapisan ini biasanya diaplikasikan pada bagian kaki-kaki kendaraan yang kerap terkena air saat hujan.

Selain mobil baru, mobil yang lama juga sebenarnya bisa dipasangkan anti karat. Apalagi melihat kondisi saat ini yang kerap banjir, banyak genangan air yang sering dilewati kendaraan.

Namun memasang anti karat ini bukan berarti mobil terbebas dari korosi selamanya. Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, mobil yang sudah dipasang anti karat tetap ada perawatan rutinnya.

Baca juga: Bamsoet Perkenalkan Motor Listrik Baru, Harga di Bawah Rp 10 Juta

bagian lis plang jimny yang berkaratKompas.com/Fathan Radityasani bagian lis plang jimny yang berkarat

“Perlu pengecekan secara berkala ke bengkel body & paint dengan menaikkan ke lift dan cek misal tiga bulan sekali,” ucap Yuly kepada Kompas.com belum lama ini.

Pengecekan ini dilakukan karena walau sudah diaplikasikan anti karat, masih ada bagian bodi yang bergesekan sehingga bisa membuat lapisannya terkelupas.

Baca juga: Isuzu Panther Pensiun, MU-X Terbaru Siap Meluncur

“Walaupun ada sedikit lapisan yang terkelupas, kalau sudah kena air asin yang korosif, akan menjalar ke bagian-bagian panel atau bodi,” katanya.

Kemudian Yuly menyarankan jika setelah melewati area banjir atau genangan air, bisa dibilas dengan air bersih untuk mencegah korosi. Mengingat karena karat membutuhkan waktu untuk terjadi, oleh karena itu penting untuk membilasnya sampai bersih.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X