Sean Gelael dan Stoffel Janji Tampil Kompak di Dubai

Kompas.com - 11/02/2021, 17:01 WIB
Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021 Dok. JOTASean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim JOTA memilih Sean Gelael dan Stoffel Vandoorne untuk bersaing di ajang Asian Le Mans Series (ALMS) 2021. Kedua pebalap ini akan tampil pada pekan pertama.

Pasangan Sean-Stoffel memulai latihan bebas Kamis (11/2/2021) ini. Mereka akan terus tampil hingga menyelesaikan dua race pada Sabtu dan Minggu.

Baca juga: Sean Gelael Pindah Haluan dari F2 ke WEC

Keduanya berjanji untuk tampil kompak demi meraih kemenangan tim. Ajang balap ketahanan memang bukan hanya soal fisik saja, tapi juga strategi dan kekompakan tim.

Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021Dok. JOTA Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021

Sebab, kedua pebalap ini akan bergantian menggeber mobil yang sama dan merancang kemungkinan strategi yang dipakai sejak sesi latihan bebas.

ALMS sendiri adalah balapan ketahanan mobil dengan sistem Mixed Class Racing alias dalam satu balapan terdiri dari beberapa kelas berbeda di sirkuit dan waktu yang sama.

Baca juga: Sean Gelael Akhiri F2 2020 dengan Finis di Depan Sang Juara

Kelas yang dilombakan adalah LMP2 sebagai kategori utama, lalu LMP3, dan GT. Walau digelar dalam satu balapan, namun ada tiga pemenang berbeda untuk tiap kelas.

Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021Dok. JOTA Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021

Tiap race berdurasi empat jam. Sean dan Stoffel bakal menggeber mobil JOTA warna hijau yang bersasis Oreca dan bermesin Gibson.

Sebenarnya, setiap tim boleh memakai tiga pebalap, namun JOTA memutuskan untuk menurunkan dua pebalap saja. Sementara duet Sean dan Tom, baru akan tampil di Abu Dhabi.

Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021Dok. JOTA Sean Gelael saat sesi latihan untuk Asian Le Mans Series (ALMS) 2021

"Saat track walk, saya rasanya senang banget. Begitu juga pas nyobain mobilnya di trek hari Rabu kemarin. Memang masih banyak yang mesti dikerjakan untuk balapan, tapi kami semua merasa memulainya dengan bahagia," kata Sean, dalam keterangan resminya.

Rekor Sean di ajang ALMS sangat bagus. Dari dua balapan yang pernah diikutinya pada 2016 bersama Antonio Giovinazzi (Italia), mereka berhasil memenangi keduanya, yakni di Sepang (Malaysia) dan Buriram (Thailand).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X