Aksi Ugal-ugalan Sopir dan Kernet Truk, Enggak Keren tapi Bodoh

Kompas.com - 11/02/2021, 16:41 WIB
Sebuah video yang menampilkan aksi truk tangki air di Ngawi, Jawa Timur melakukan aksi oleng, viral di media sosial. facebook/kabar ngawi.Sebuah video yang menampilkan aksi truk tangki air di Ngawi, Jawa Timur melakukan aksi oleng, viral di media sosial.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kembali lagi terjadi aksi truk oleng di jalan raya. Tampaknya, membuat oleng truk dengan sengaja ini sedang menjadi tren, si sopir dan kernet pun merasa keren jika melakukannya.

Misalnya yang diunggah oleh akun Agoez Bandz 4 di Instagram, kernet truk keluar dari kabinnya dan menggoyang-goyangkan truk dengan sengaja.

Kejadian ini pun direkam oleh pengendara motor yang terdengar antusias melihat aksi truk ini.

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, itu merupakan kelakuan bodoh yang dipertontonkan dan dibanggakan.

Baca juga: Ganjil Genap di Bogor Diperketat Selama Libur Imlek

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

 

“Dia tidak hanya mempermalukan diri sendiri, tapi dengan adanya video viral ini, kita belajar untuk tidak berbuat yang sama bodohnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2021).

Selain itu, Sony mengatakan, orang tersebut bertindak tanpa akal sehat atau sakit jiwa. Pengemudinya juga termasuk melanggar hukum karena membiarkan tindakan bahaya. Sebagai pengemudi, itu tugasnya bertanggung jawab.

“Pengemudi bertanggung jawab terhadap keselamatan diri, orang lain, lingkungan, barang bawaan, dan kendaraan. Ketika truk dibuat oleng, risiko selipnya tinggi saat bertemu jalan yang berpasir, oli, maupun air,” kata Sony.

Baca juga: Bamsoet Perkenalkan Motor Listrik Baru, Harga di Bawah Rp 10 Juta

Kemudian, jangan merasa paling hebat dengan melakukan aksi yang berbahaya di tempat umum dan bisa mencederai orang lain. Bagi pengendara atau pengemudi lainnya, jangan dekat-dekat dengan truk yang seperti ini.

“Karena kalau dia jatuh dan menyenggol mobil kita sekalipun kita tidak salah, maka bisa terseret kasus hukum,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X