Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Aksi Ugal-ugalan Sopir dan Kernet Truk, Enggak Keren tapi Bodoh

JAKARTA, KOMPAS.com – Kembali lagi terjadi aksi truk oleng di jalan raya. Tampaknya, membuat oleng truk dengan sengaja ini sedang menjadi tren, si sopir dan kernet pun merasa keren jika melakukannya.

Misalnya yang diunggah oleh akun Agoez Bandz 4 di Instagram, kernet truk keluar dari kabinnya dan menggoyang-goyangkan truk dengan sengaja.

Kejadian ini pun direkam oleh pengendara motor yang terdengar antusias melihat aksi truk ini.

Menanggapi video tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, itu merupakan kelakuan bodoh yang dipertontonkan dan dibanggakan.

“Dia tidak hanya mempermalukan diri sendiri, tapi dengan adanya video viral ini, kita belajar untuk tidak berbuat yang sama bodohnya,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (11/2/2021).

Selain itu, Sony mengatakan, orang tersebut bertindak tanpa akal sehat atau sakit jiwa. Pengemudinya juga termasuk melanggar hukum karena membiarkan tindakan bahaya. Sebagai pengemudi, itu tugasnya bertanggung jawab.

“Pengemudi bertanggung jawab terhadap keselamatan diri, orang lain, lingkungan, barang bawaan, dan kendaraan. Ketika truk dibuat oleng, risiko selipnya tinggi saat bertemu jalan yang berpasir, oli, maupun air,” kata Sony.

Kemudian, jangan merasa paling hebat dengan melakukan aksi yang berbahaya di tempat umum dan bisa mencederai orang lain. Bagi pengendara atau pengemudi lainnya, jangan dekat-dekat dengan truk yang seperti ini.

“Karena kalau dia jatuh dan menyenggol mobil kita sekalipun kita tidak salah, maka bisa terseret kasus hukum,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/02/11/164100215/aksi-ugal-ugalan-sopir-dan-kernet-truk-enggak-keren-tapi-bodoh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke