Eropa Catatkan Penjualan 1 Juta Unit Mobil Listrik pada 2020

Kompas.com - 06/02/2021, 07:02 WIB
Perakitan mobil listrik Volkswagen ID.3 di Zwickau, Jerman. REUTERS/Matthias RietschelPerakitan mobil listrik Volkswagen ID.3 di Zwickau, Jerman.

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepanjang 2020, penjualan mobil listrik dan plug-in hybrid (PHEV) di Uni Eropa telah melonjak hingga tiga kali lipat menjadi 1 juta unit kendaraan.

Dilansir dari Reuters, European Automobile Manufacturers Association (ACEA) telah merilis angka penjualan mobil baru di Uni Eropa tahun 2020.

Tahun lalu rupanya terjadi peningkatan penjualan mobil listrik, di saat pasar mobil secara keseluruhan turun hampir 24 persen menjadi 9,9 juta unit.

Baca juga: Ini Kriteria Kendaraan Kebal Ganjil Genap di Bogor Saat Akhir Pekan

Ilustrasi soket pengisian daya mobil listrik UNPLASH.com Ilustrasi soket pengisian daya mobil listrik

Berdasarkan angka yang dihimpun ACEA, penjualan kendaraan battery electric vehicle (BEV) dan PHEV meningkat jadi 1,046 juta unit pada tahun lalu.

Angka ini jelas meningkat dari 2019 yang hanya 387.808. Pada saat yang sama penjualan mobil hybrid naik 59 persen menjadi 1,182 juta unit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, penjualan bensin dan diesel masing-masing turun 37 persen dan 32 persen karena dampak pandemi Covid-19.

Namun secara umum, meski dianggap sebagai peradaban negara maju, mobil bensin tetap menjadi kendaraan dengan kontribusi penjualan terbesar di Uni Eropa yang mencapai 48 persen dari seluruh penjualan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.