Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Batal Kerja Sama dengan Apple buat Produksi Mobil Listrik

Kompas.com - 03/02/2021, 14:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada awal tahun 2021, Hyundai Motor dikabarkan sedang dalam pembicaraan tahap awal dengan Apple untuk bekerja sama dalam membuat mobil listrik.

Hal tersebut telah di konfirmasi oleh Hyundai bahwa pihaknya akan membantu Apple memproduksi kendaraan listriknya dan mengembangkan baterai khusus yang akan menggerakkan Apple Car.

Namun dilansir dari laman reuters, Rabu (3/2/2021), Apple tidak pernah mengaku pembicaraan dengan Hyundai soal pembuatan mobil, dan belum ada kejelasan apakah pembicaraan tersebut benar adanya.

Selain itu, pihak Apple biasanya akan menuntut kerahasiaan yang ketat dari calon mitra dan pemasoknya tentang produk.

Baca juga: Cek Kenaikan Harga MPV Murah di Februari 2021

Sementara itu, Hyundai juga tidak memberikan kabar lanjutan tentang pembicaraannya dengan Apple apakah kerjasama itu berlanjut atau tidak.

Kabar yang kini beredar justru Hyundai Motors menyatakan tidak akan masuk dalam rantai suplai produk mobil listrik pertama Apple. Sebab, Hyundai lebih memilih untuk mengembangkan mereknya sendiri di ajang elektrifikasi.

Apple Car 2076.Carscoops Apple Car 2076.

"Kami belum tahu tentang bagaimana melakukannya, apakah itu baik untuk dilakukan atau tidak. Kami bukan perusahaan yang memproduksi mobil untuk orang lain. bekerja sama dengan Apple belum tentu selalu memberikan hasil yang luar biasa,” ujar sumber internal Hyundai.

Baca juga: Daftar Motor yang Meluncur di Awal 2021

Meski Hyundai batal mengikuti proyek tersebut, Hyundai Motor tetap akan mengusulkan anak perusahaan mereka yakni KIA, untuk terlibat lebih jauh dalam kerjasama pembuatan mobil listrik Apple.

Hal ini dirasa sangat sesuai dengan rencana jangka panjang Kia yang ingin mempromosikan berbagai bisnis elektrifikasi serta memungkinkan mengembangkan dan memasok kendaraan kustom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com