Ajak Nissan Magnite Bermain di Habitatnya

Kompas.com - 05/02/2021, 11:51 WIB
Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu. KOMPAS.COM/STANLY RAVELNissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah merasakan impresi awal di jalan perkotaan beberapa waktu lalu, redaksi mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi lebih sensasi berkendara Nissan Magnite Premium 1.0L Turbo CVT.

Datang sebagai sport utility vehicle (SUV) berdimensi compact, Nissan Magnite memang memberikan suguhan baru di tengah meranjaknya pamor SUV murah belakangan ini.

Apalagi mesin yang diusung SUV asal India itu masih tergolong jarang di Indonesia, yakni 3 silinder berkubikasi 1.000 cc lengkap dengan turbo.

Berdasarkan data spesifikasi, mesin tersebut mampu mengolah tenaga 98,6 tk pada 5.000 rpm dan torsi 152 Nm pada putaran 2.200 - 4.400 rpm yang ditransfer ke roda depan via transmisi CVT.

Baca juga: Sekilas Impresi Kenyamanan SUV Nissan Magnite

Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.

Pengujian redaksi pada Magnite kali ini lebih ke masalah performa. Tak hanya seputar tenaga, tapi juga kemampuan Magnite sebagai sebuah SUV untuk diajak melewati jalan rusak di kawasan Bogor, Jawa Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengawali perjalanan di ruas Tol Jagorawi, menjadi momen merasakan sensasi putaran mesin turbo yang digunakan Magnite. Tak butuh waktu lama, ketika kondisi jalan cukup kondusif alias lenggang, pedal gas langsung kami tekan lebih dalam.

Putaran bawah memang terkesan delay, alias seperti sedikit tertahan dan tak langsung melonjak ketika pedal gas di kickdown.

Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu. Nissan Magnite jadi model terbaru SUV di Indonesia. Pengujian berkendara harian dilakukan Kompas.com selama beberapa waktu.

 

Namun demikian, saat rpm sudah menyentuh di atas 2.500, olahan tenaganya baru menggalir dan mulai bisa dinikmati, terlebih ketika memindahkan ke mode sport melalui tombol mungil yang tersembunyi di tuas transmisi.

Sayang tak bisa terlalu lama menikmati arus tenaganya, mengingat secara lokasi memang bukan tempatnya. Tapi paling tidak kami sudah punya gambaran mengenai kesan di putaran atas.

Baca juga: Duel Tenaga Kia Sonet dan Nissan Magnite

Apalagi untuk menyentuh 100 hingga 120 kpj tak begitu sulit dilakukan Magnite, meski harus diakui memang pada putaran bawahnya kurang gereget.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X