Polda Metro Tambah Kamera ETLE di 10 Koridor Transjakarta dan Tol

Kompas.com - 05/02/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi kamera tilang elektronik https://ntmcpolri.info/Ilustrasi kamera tilang elektronik

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya segera memasang kamera tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) di 10 koridor Transjakarta dan ruas jalan tol dalam waktu dekat.

Upaya tersebut merupakan salah satu cara memperluas program tilang berbasis IT di Tanah Air, khususnnya Ibu Kota, sesuai amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang termaktub dalam program kerja 100 hari-nya.

"Kami akan mengadakan rapat dengan pihak Transjakarta dan pengelola jalan tol untuk update terakhir pemasangan kamera di 10 koridor busway serta jalur-jalur tol di Jakarta," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Kamis (4/2/2021).

Baca juga: Tilang Konvensional Tetap Berlaku di Daerah yang Belum Ada ETLE

Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).TRIBUNNEWS.com/JEPRIMA Ilustrasi kamera tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement).

Ia menambahkan, rencana ini dilakukan sembari menunggu keputusan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait penambahan 50 kamera ETLE di ruas jalan ibu kota.

"Rencananya mungkin bisa terpasang pada minggu kedua atau ketiga Maret 2021, bersama peluncuran ETLE nasional dengan delapan Polda lain," kata Sambodo.

Menurut Sambodo, melalui penambahan jumlah kamera tilang elektronik maka tugas personel polisi lalu lintas (Polantas) akan semakin optimal. Sebab, tugas mereka lebih fokus terhadap pengaturan lalu lintas.

"Anggota dapat lebih fokus pegaturan lalu lintas, tidak pada penangkap pelanggaran karena penangkap pelanggaran sudah oleh kamera," ujar dia.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Bakal Terapkan Tilang Elektronik

Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).

Selain penambahan jumlah kamera, ke depannya peningakatan fitur juga akan dilakukan. Mulai dari menangkap pelanggaran over capacity, penggunaan helm, hingga pelanggaran batas kecepatan.

Diketahui, saat ini sudah ada 57 kamera tilang elektronik yang beroperasi di wilayah Ibu Kota. Berikut sebarannya;

1. Kota Tua - Gajah Mada - MH Thamrin - Sudirman - Blok M - Senayan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X