Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Mana, Toyota Transmover atau Honda Mobilio Eks Taksi

Kompas.com - 05/02/2021, 09:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) atau dijuluki MPV sejuta umat masih menjadi pilihan banyak konsumen saat membeli kendaraan pribadi.

Banyaknya pembeli yang cukup berminat dengan mobil jenis ini, membuat MPV murah ini tidak hanya mendominasi untuk pasar mobil baru tetapi juga mobil bekas.

Salah satu yang menjadi pertimbangan tidak lain adalah ruang kabin yang lega, jumlah okupansi kursi yang lebih banyak, serta fleksibel digunakan untuk segala kebutuhan.

Baca juga: 5 Penyakit yang Dihadapi Pengemudi dan Berujung Kecelakaan

Harga yang ditawarkan pun juga sangat beragam, mulai dari puluhan juga hingga di atas Rp 100 juta.

Bagi Anda yang berminat untuk meminang mobil tipe ini, kendaraan bekas taksi bisa menjadi alternatif. Seperti halnya perusahaan taksi PT Blue Bird Tbk juga menjual sejumlah model MPV murah yang bisa jadi pilihan.

Setidaknya ada dua pilihan yang bisa menjadi referensi calon pembeli seperti Toyota Transmover dan Honda Mobilio. Selain statusnya sebagai mobil keluarga terpenuhi, harga juga relatif lebih kompetitif dari pasar mobil bekas.

Bagi Anda yang masih bingung menentukan pilihan, mari simak komparasinya baik dari segi perfoma, fitur, maupun harga.

Perfoma

Varian termuah Avanza disebut Toyota Transmover.Ghulam N/KompasOtomotif Varian termuah Avanza disebut Toyota Transmover.

PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan Toyota Transmover pertama kali pada 2016. Transmover memiliki arti ‘Transport you to move to other place’sendiri yang merupakan versi paling basic dari Toyota Avanza khusus digunakan untuk perusahaan taksi.

Mobil ini mengusung mesin Dual VVT­i berkapasitas 1.329 cc 4 silinder yang sama dengan Avanza. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 96 dk pada 6.000 rpm, dan torsi 121 Nm pada 4.200 rpm. Avanza khusus armada taksi atau transmover ini hanya ada pilihan transmisi manual 5 percepatan.

Sementara Honda Mobilio eks taksi ini bukan merupakan versi standar seperti Avanza menjadi Transmover, atau Vios menjadi Limo. Mobilio yang digunakan untuk armada taksi ini memakai tipe S yang menjadi trim paling rendah di Mobilio.

Mengusung mesin berkapasitas 1.496 cc 4 silinder berteknologi i-VTEC, Honda Mobilio tipe S ini mampu menghasilkan tenaga 118 dk dan torsi 145 Nm, sama dengan Mobilio yang dijual ke konsumen. Khusus Mobilio tipe S hanya ada varian manual 5-percepatan.

Baca juga: Tilang Konvensional Tetap Berlaku di Daerah yang Belum Ada ETLE

Fitur

Toyota Transmover melucuti beberapa kelengkapan interior Avanza untuk lebih menekan ongkos produksi dan harga jual. Transmover menghilangkan head unit audio sebagai kelengkapan standar di Avanza.

Tidak hanya itu, kepraktisan pada jok baris pertama berkurang karena tidak ada kantung yang umum ditemukan pada seluruh varian Toyota Avanza standar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com