Apakah Mobil yang Melaju di Tengah Hujan Bisa Tersambar Petir?

Kompas.com - 02/02/2021, 09:22 WIB
Ilustrasi mengendarai mobil saat hujan dan petir. Ilustrasi mengendarai mobil saat hujan dan petir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini sejumlah wilayah di Indonesia masih menghadapi curah hujan yang tinggi. Bahkan pada kawasan tertentu tidak jarang hujan disertai kilatan petir dan angin.

Dalam kondisi tersebut, kekhawatiran tentu akan muncul pada mereka yang sedang berada di dalam mobil dalam perjalanan. Mengingat, mobil merupakan benda yang terbuat dari logam.

Lantas, apakah transportasi tersebut bisa tersambar petir?

Dijelaskan Peneliti Petir sekaligus Guru Besar Institut Teknologi Bandung, Prof Dr Dipl Ing Ir Reynaldo Zoro, peristiwa tersebut bisa saja terjadi.

Baca juga: 8 Pola Pikir yang Salah Saat Berkendara, Jadi Penyebab Kecelakaan

Berkendara di saat hujanKompasOtomotif Berkendara di saat hujan

Pada prinsipnya, petir memang akan menyambar struktur bangunan atau benda yang lebih tinggi daripada lainnya di suatu wilayah. Tetapi, bukan berarti mobil bergerak dapat terhindar dari sambaran petir.

"Potensi tersambar petir bisa terjadi, apalagi (jika) ada di elevated toll (tol layang). Untungnya ada tiang listrik sepanjang tol atas, sehingga ada yang lebih tinggi," kata Zoro saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Meski mobil tersambar petir, ia mengatakan tidak akan berdampak pada orang yang ada di dalamnya. Sebab, arus petir bakal langsung turun melewati ban karena posisinya menempel dengan tanah.

"Jadi kalau sedang banyak petir, (kecepatan) harus maksimal 60 kpj agar kalau ban pecah, mobil tidak terbalik (tetap bisa dikendalikan)," ucap Zoro.

Baca juga: Curah Hujan Masih Tinggi, Hindari Parkir di Tempat Ini

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

Senada dengan Zoro, salah satu penetilian komunitas mobil terbesar di Jerman, ADAC, juga menyebut bahwa transportasi bisa saja tersambar petir ketika dalam perjalanan.

Tapi, sambaran itu tidak akan berbahaya bagi para penumpang maupun pengemudi karena bahan logam pada mobil bisa mengalirkan muatan listrik dari petir yang dayanya mencapai ratusan juta volt, langsung ke tanah.

"Untuk diketahui, struktur mobil berfungsi sebagai Sangkar Faraday. Ini adalah sebuah benda yang mampu menahan atau mengalihkan aliran listrik termasuk dari petir secara langsung," tulisnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X