Alasan Kenapa PO Bus Sumatera Jarang Berikan Servis Makan

Kompas.com - 02/02/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kerap diberikan servis makan yang sudah termasuk dari harga tiket. Biasanya bus berhenti di restoran untuk memberikan servis makan gratis.

Servis makan ini biasanya sudah ditentukan lauk, sayur, dan buahnya. Namun, berbeda ceritanya pada bus AKAP yang melewati Lintas Sumatera. Biasanya PO bus Lintas Sumatera tidak memberikan servis makan.

Bus AKAP Lintas Sumatera memang tetap beristirahat di restoran, namun penumpang harus membayar sendiri untuk mekanannya. Kenapa bisa begitu?

Baca juga: MPV Murah di Balai Lelang, APV Hanya Rp 25 Juta, Avanza Rp 75 Juta

Bus AKAP SumatraInfomasi Bus - Blogger Bus AKAP Sumatra

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengatakan, penumpang tidak diberi servis makan karena pelayanan rumah makan di Sumatera yang berbeda jika dibandingkan dengan Pulau Jawa.

“Di Sumatera, pelayanan rumah makannya standar rumah makan minang. Agak sulit kalau dilakukan pola prasmanan,” ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain pelayanannya yang berbeda, Anggota Forum Bismania Indonesia Asrul Arifin Siregar mengatakan, karakter dari penumpang bus AKAP Lintas Sumatera juga berbeda dibanding di Pulau Jawa.

Baca juga: Siap ke Indonesia, Harga Renault Kiger Bisa Jadi yang Paling Murah

“Kalau di Jawa kan servisnya dijatah. Sedangkan di Sumatera, biasanya penumpang suka milih lauknya,” ucap Asrul kepada Kompas.com.

Selain itu, perlu diperhatikan kalau harga makanan di restoran saat di Sumatera agak lebih mahal. Jika ingin berhemat, bisa mencari alternatif lain seperti warung-warung di sekitar rumah makan saat bus beristirahat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.