Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kenapa PO Bus Sumatera Jarang Berikan Servis Makan

Kompas.com - 02/02/2021, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bepergian naik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) kerap diberikan servis makan yang sudah termasuk dari harga tiket. Biasanya bus berhenti di restoran untuk memberikan servis makan gratis.

Servis makan ini biasanya sudah ditentukan lauk, sayur, dan buahnya. Namun, berbeda ceritanya pada bus AKAP yang melewati Lintas Sumatera. Biasanya PO bus Lintas Sumatera tidak memberikan servis makan.

Bus AKAP Lintas Sumatera memang tetap beristirahat di restoran, namun penumpang harus membayar sendiri untuk mekanannya. Kenapa bisa begitu?

Baca juga: MPV Murah di Balai Lelang, APV Hanya Rp 25 Juta, Avanza Rp 75 Juta

Bus AKAP SumatraInfomasi Bus - Blogger Bus AKAP Sumatra

Direktur Utama PO SAN Kurnia Lesani Adnan mengatakan, penumpang tidak diberi servis makan karena pelayanan rumah makan di Sumatera yang berbeda jika dibandingkan dengan Pulau Jawa.

“Di Sumatera, pelayanan rumah makannya standar rumah makan minang. Agak sulit kalau dilakukan pola prasmanan,” ucap pria yang akrab disapa Sani kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain pelayanannya yang berbeda, Anggota Forum Bismania Indonesia Asrul Arifin Siregar mengatakan, karakter dari penumpang bus AKAP Lintas Sumatera juga berbeda dibanding di Pulau Jawa.

Baca juga: Siap ke Indonesia, Harga Renault Kiger Bisa Jadi yang Paling Murah

“Kalau di Jawa kan servisnya dijatah. Sedangkan di Sumatera, biasanya penumpang suka milih lauknya,” ucap Asrul kepada Kompas.com.

Selain itu, perlu diperhatikan kalau harga makanan di restoran saat di Sumatera agak lebih mahal. Jika ingin berhemat, bisa mencari alternatif lain seperti warung-warung di sekitar rumah makan saat bus beristirahat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com