Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 MPV Terlaris di Dunia, Wuling Pertama, Alphard Keempat

Kompas.com - 02/02/2021, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMPV masih menjadi segmen mobil yang paling diminati di Indonesia. Namun, dari sekian merek MPV terlaris di Tanah Air, belum ada yang sanggup menjadi model dengan penjualan paling banyak di dunia.

Dalam daftar 10 MPV terlaris yang dirilis laman Focus2Move, belum ada nama Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander yang cukup mendominasi beredar di Indonesia.

Justru beberapa MPV yang penjualannya biasa saja di sini, malah masuk dalam jajaran MPV yang paling banyak dijual di dunia.

Baca juga: Siap ke Indonesia, Harga Renault Kiger Bisa Jadi yang Paling Murah

Honda OdysseyHPM Honda Odyssey

Sepanjang periode 2020, MPV paling laris di dunia ternyata diraih oleh Wuling Hongguang. Mobil yang diluncurkan di China sejak 2010 itu berhasil terjual sebanyak 292.934 unit.

Di tempat kedua, terdapat Honda Odyssey. MPV yang di Indonesia tergolong mewah ini mencatatkan angka penjualan 149.065 unit.

Buick GL8 ternyata berhasil menempati urutan ketiga dari daftar tersebut. MPV mewah sekelas Toyota Alphard hingga Lexus LM yang tersedia khusus pasar China ini terjual 146.859 unit.

Baca juga: Honda PCX 160 Sudah Bisa Dipesan, Berminat Siapkan Rp 500.000

Toyota Sienta tipe Q CVT 2019Rianto Prasetyo/GridOto.com Toyota Sienta tipe Q CVT 2019

Adapun Alphard yang cukup populer di Indonesia dan terkenal sebagai mobil di kelas premium, naik 12 peringkat ke urutan ke-4 pada tahun lalu dengan penjualan 119.560 unit.

Kemudian di tempat kelima ada Kia Soul dengan capaian 109.332 unit, dan di urutan keenam diikuti Maruti EECO yang naik tiga peringkat sebanyak 99.480 unit.

Di urutan ketujuh, secara mengejutkan terdapat Toyota Sienta. MPV yang tidak begitu laris di Indonesia ini rupanya bisa meraih penjualan 88.350 unit pada tahun lalu.

Baca juga: Innova dan Xpander Bisa Ekspor ke Australia, tetapi Harus Euro4

Ilustrasi Suzuki ErtigaDOK. SUZUKI Ilustrasi Suzuki Ertiga

Sementara di tempat kedelapan, Toyota kembali menaruh wakilnya lewat Roomy yang naik 10 peringkat dengan raihan 84.826 unit.

Suzuki Ertiga yang masuk dalam 5 besar MPV terlaris di Indonesia, rupanya bisa menjadi yang paling banyak nomor 9 dengan angka 80.679 unit.

Sedangkan Honda Freed, MPV yang sudah tak dijual di Tanah Air masih bisa menempati urutan ke-10 sebanyak 77.650 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com