Daftar 10 MPV Terlaris di Dunia, Wuling Pertama, Alphard Keempat

Kompas.com - 02/02/2021, 08:02 WIB
Ilustrasi Toyota Alphard AUTOINDUSTRIYA.comIlustrasi Toyota Alphard

JAKARTA, KOMPAS.comMPV masih menjadi segmen mobil yang paling diminati di Indonesia. Namun, dari sekian merek MPV terlaris di Tanah Air, belum ada yang sanggup menjadi model dengan penjualan paling banyak di dunia.

Dalam daftar 10 MPV terlaris yang dirilis laman Focus2Move, belum ada nama Toyota Avanza maupun Mitsubishi Xpander yang cukup mendominasi beredar di Indonesia.

Justru beberapa MPV yang penjualannya biasa saja di sini, malah masuk dalam jajaran MPV yang paling banyak dijual di dunia.

Baca juga: Siap ke Indonesia, Harga Renault Kiger Bisa Jadi yang Paling Murah

Honda OdysseyHPM Honda Odyssey

Sepanjang periode 2020, MPV paling laris di dunia ternyata diraih oleh Wuling Hongguang. Mobil yang diluncurkan di China sejak 2010 itu berhasil terjual sebanyak 292.934 unit.

Di tempat kedua, terdapat Honda Odyssey. MPV yang di Indonesia tergolong mewah ini mencatatkan angka penjualan 149.065 unit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Buick GL8 ternyata berhasil menempati urutan ketiga dari daftar tersebut. MPV mewah sekelas Toyota Alphard hingga Lexus LM yang tersedia khusus pasar China ini terjual 146.859 unit.

Baca juga: Honda PCX 160 Sudah Bisa Dipesan, Berminat Siapkan Rp 500.000

Toyota Sienta tipe Q CVT 2019Rianto Prasetyo/GridOto.com Toyota Sienta tipe Q CVT 2019

Adapun Alphard yang cukup populer di Indonesia dan terkenal sebagai mobil di kelas premium, naik 12 peringkat ke urutan ke-4 pada tahun lalu dengan penjualan 119.560 unit.

Kemudian di tempat kelima ada Kia Soul dengan capaian 109.332 unit, dan di urutan keenam diikuti Maruti EECO yang naik tiga peringkat sebanyak 99.480 unit.

Di urutan ketujuh, secara mengejutkan terdapat Toyota Sienta. MPV yang tidak begitu laris di Indonesia ini rupanya bisa meraih penjualan 88.350 unit pada tahun lalu.

Baca juga: Innova dan Xpander Bisa Ekspor ke Australia, tetapi Harus Euro4

Ilustrasi Suzuki ErtigaDOK. SUZUKI Ilustrasi Suzuki Ertiga

Sementara di tempat kedelapan, Toyota kembali menaruh wakilnya lewat Roomy yang naik 10 peringkat dengan raihan 84.826 unit.

Suzuki Ertiga yang masuk dalam 5 besar MPV terlaris di Indonesia, rupanya bisa menjadi yang paling banyak nomor 9 dengan angka 80.679 unit.

Sedangkan Honda Freed, MPV yang sudah tak dijual di Tanah Air masih bisa menempati urutan ke-10 sebanyak 77.650 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.