Viral, Video Balap Liar Tabrak Dua Pengendara Motor

Kompas.com - 02/02/2021, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Video kecelakaan yang disebabkan oleh balap liar beredar di media sosial. Diketahui kejadian tersebut terjadi di di Jalur Lintas Selatan (JLS) Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur.

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @pesonajember memperlihatkan dua pengemudi motor yang sedang trek-trekan memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jalan umum.

Baca juga: 8 Pola Pikir yang Salah Saat Berkendara, Jadi Penyebab Kecelakaan

Salah satu pelaku balap liar tersebut tidak mampu mengendalikan motornya hingga menabrak dua pengendara motor di depannya.

Kedua pengendara motor yang ditabrak itu salah satunya membawa barang-barang di atas jok belakang, sedangkan satunya lagi merupakan seorang pria yang membonceng ibu-ibu yang menggendong anak kecil.

Akibat kejadian tersebut, baik pelaku balap liar maupun korban jatuh terpelanting hingga menabrak kerumunan yang sedang berdiri dipinggir jalan. Sejumlah orang yang berada di dekat lokasi pun berusaha untuk memberi pertolongan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PESONA JEMBER (@pesonajember)

Terkait kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana turut angkat bicara. Menurutnya, aktivitas balap liar memang sulit untuk diberantas.

“Ini menyangkut anak muda yang kurang beraktivitas yang terarah dan minimnya penyaluran terhadap mereka. Setiap kali ada jalan kosong, sepi, baru, tertutup, selalu dimanfaatkan oleh mereka, dan aksi mereka semakin menggila karena tidak adanya penertiban juga selalu didukung oleh adanya penonton,” ujar Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/2/2021).

Sony melanjutkan, pihak lingkungan juga sebaiknya tidak tutup mata. Harus ada aparat-aparat daerah yang berwenang untuk bisa melakukan tindakan antisipatif dengan menghentikan kegiatan balap liar ini.

Baca juga: Cara Mudah Memilih Jok Sepeda Motor

“Bagi mereka yang masih muda-muda juga harus diberi edukasi akan keselamatan saat berkendara, serta bahayanya ngebut di jalan raya. Jangan egois karena kalian tidak sendirian menggunakan jalan tersebut,” kata Sony.

Sony menambahkan, peran orang tua juga sangat penting untuk menjaga, mengontrol dan mengarahkan aktivitas anak-anak agar menjadi lebih baik dan tidak melanggar aturan.

“Yang orang tua harus pahami adalah keselamatan itu tidak ada mata pelajarannya di sekolah, tapi kemungkinan terjadinya kecelakaan besar terhadap anaknya. Jadi, pendekatan yang paling baik adalah membangun karakter dan perilaku sejak dini, sehingga si anak tidak tumbuh liar,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.