Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Interconnected Smart Ecosystem, Kendalikan Mobil Lewat Ponsel

Kompas.com - 28/01/2021, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors (Wuling) memperkenalkan sebuah inovasi terbaru yang dihadirkan di Indonesia, yakni Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Teknologi ini membuat pengguna dan kendaraan saling terhubung via koneksi internet.

Pengguna dapat melakukan berbagai kendali dari aplikasi pada gawai pintar ataupun head unit.

Selain itu, WISE juga mencakup Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang membantu pengemudi saat berkendara dalam berbagai kondisi, dan meningkatkan keamanan serta kenyamanan.

Brand and Marketing Director Wuling Motors Yin Yi mengatakan, hadirnya WISE merupakan wujud komitmen Wuling untuk terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi Indonesia, dan sejalan dengan semangat Drive For A Better Life.

Baca juga: Fasilitas Mewah yang Ada di Bus AKAP Kelas Eksekutif

Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE)DOK. WULING MOTORS Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE)

“Dengan adanya teknologi ini, kami berharap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era mobilitas modern dan menyajikan kemudahan dalam berkendara di masa mendatang,” ucap Yin Yi dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (28/1/2021)

Salah satu bagian dari WISE adalah Internet Car. Inovasi ini menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui gawai pintar dan head unit.

Barisan fitur yang bisa diatur via gawai pintar terdiri dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key.

Sedangkan koneksi internet yang terdapat pada head unit ialah Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Adapun ketiga fungsi ini didukung dengan perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Baca juga: Persaingan Tarif Bus Jakarta–Jepara, Kelas Eksekutif Rp 200.000-an

Suhendri Laiman, Product Planning Wuling Motors menyatakan, pengguna dapat melakukan pengendalian lebih mudah dalam satu genggaman untuk menggunakan fasilitas navigasi, mendengarkan musik dan berbalas pesan.

“Di samping itu, inovasi ini juga akan memampukan pengguna untuk selalu mengetahui lokasi kendaraan sehingga keamanannya selalu terjaga di manapun dan kapanpun,” ucap Suhendri.

Sedangkan ADAS, terbagi dalam empat kategori. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Smart multimedia 10.4? Touchscreen Wuling Almaz.Wuling Motors Smart multimedia 10.4? Touchscreen Wuling Almaz.

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS).

Baca juga: Diskon BMW dan Mercedes-Benz NIK 2020 Tembus Ratusan Juta Rupiah

Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

“WISE mendukung kebiasaan berkendara yang aman dan bertanggung jawab melalui kehadiran ADAS. Kami berharap, dengan adanya inovasi ini, pengguna dapat semakin mudah berkendara di berbagai kondisi. Seluruh fitur dalam ADAS ini mampu meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com