Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pilihan Bus Mewah dari Jakarta ke Surabaya, Mulai dari Rp 270.000

Kompas.com - 28/01/2021, 17:28 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi yang ingin melakukan perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya naik kendaraan pribadi, tentunya menguras tenaga, belum lagi adanya biaya tambahan untuk mengisi bensin dan bayar tol.

Salah satu cara ekonomis untuk ke Surabaya lewat jalur darat adalah naik bus AKAP. Jangan salah, bus AKAP saat ini sudah semakin nyaman, apalagi melewati jalan tol sehingga waktu tempuhnya bisa lebih singkat daripada zaman dahulu.

Beberapa PO juga menawarkan bus-bus baru dengan sasis yang premium, sehingga kenyamanan dalam perjalanan pun terjamin.

Selain itu varian busnya juga beragam, mulai dari single deck biasa, suites class sampai double decker.

Baca juga: Kisaran Biaya Modif Motor Bebek Jadi Honda Monkey

Bus Pahala Kencana Karoseri Gunung MasInstagram/karoserigunungmas Bus Pahala Kencana Karoseri Gunung Mas

Berikut ini beberapa PO dengan trayek Jakarta – Surabaya yang sudah Kompas.com kumpulkan.

Untuk single deck biasa, ada PO Pahala Kencana yang menawarkan bus super eksekutif dengan menggunakan kursi lebar dan susunan 2-1.

Dengan harga tiket Rp 360.000, naik PO Pahala Kencana ini mendapatkan servis makan dan snack. Selain itu di kabin bus juga tersedia satu kursi pijat untuk penumpang. Kemudian ada penyaring udara anti-virus di kabinnya.

Kemudian, ada beberapa PO yang mengandalkan armada bus tingkat untuk trayek ini, diantaranya Sinar Jaya, Lorena, Harapan Jaya dan Rosalia Indah. Untuk Sinar Jaya dan Lorena, hanya menyediakan satu kelas layanan.

Baca juga: Bersiap, Mesin Diesel Bakal Jadi Korban Pertama Mobil Listrik

Bus AKAP PO Sinar JayaDUNIABIS.COM Bus AKAP PO Sinar Jaya

Sinar Jaya membanderol tiket bus tingkatnya Rp 270.000 sedangkan tiket Lorena dihargai Rp 370.000. Kedua bus ini memiliki susunan kursi 2-2 baik di dek bawah dan atas.

Fasilitas yang diberikan juga mirip, ada leg rest dan hiburan lewat Audio Video on Demand (AVOD) di setiap kursinya.

Sedangkan untuk PO Harapan Jaya dan Rosalia Indah, memiliki tiga kelas layanan. Mulai dari yang paling mahal dengan sleeper seat, lalu masih di dek bawah dengan susunan kursi 2-1 dan di dek atas konfigurasi kursinya 2-2.

PO Harapan Jaya membanderol kelas paling mewahnya dengan Rp 500.000, sedangkan Rosalia Indah Rp 450.000. Kemudian untuk kursi besar susunan 2-1, Harapan Jaya membanderol Rp 380.000 dan Rosalia Indah Rp 375.000.

Laksana Bus Legacy SR2 Suites Class.Kompas.com/Donny Laksana Bus Legacy SR2 Suites Class.

Sedangkan untuk di dek atas, harga yang ditawarkan PO Harapan Jaya yaitu Rp 280.000 sedangkan Rosalia Indah tiketnya dihargai Rp 335.000. Selain bus tingkat, ada juga Suites Class dari PO Sinar Jaya dengan trayek Jakarta – Surabaya.

Dengan banderol Rp 430.000, penumpang bisa menikmati naik bus serasa naik pesawat kelas bisnis. Setiap penumpang memiliki kabinnya sendiri, susunan kursinya 2-2 namun bertingkat.

Kemudian di suites class Sinar Jaya menggunakan sleeper seat yang bisa direbahkan sampai sekitar 150 derajat, kaki juga bisa selonjor mendekati rebahan.

Kemudian sistem hiburannya juga memakai AVOD sehingga bisa memutar lagu atau menonton film yang tersedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com