Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Mewah yang Ada di Bus AKAP Kelas Eksekutif

Kompas.com - 27/01/2021, 19:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia saat ini semakin mewah kelas pelayanannya. Saat ini sudah ada kelas pelayanan Super Eksekutif sampai ada juga yang memakai sleeper seat.

Kelas pelayanan yang bisa dibilang mewah ini juga memiliki beragam fasilitas, baik dari model kursi yang digunakan, fitur kursinya, sampai perbedaan servis makan.

Secara umum, untuk kelas Super Eksekutif menggunakan susunan kursi 2-1, sedangkan sleeper seat biasanya hanya 1-1.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, setiap PO bus memiliki perbedaan fasilitas yang diberikan kepada penumpangnya. Namun secara umum, ada beberapa hal yang sama.

Baca juga: Punya Uang Rp 2 Jutaan Ingin Beli Motor Bekas, Ini Pilihannya

Kursi bus AKAP PO Adhi PutraKaroseri Laksana Kursi bus AKAP PO Adhi Putra

“Biasanya kursi ukuran jumbo dan ada leg rest serta armrest. Selain itu beragam, tergantung dari PO bus nya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Misalnya seperti leg rest di PO Rosalia Indah yang berbeda karena bentuknya yang terpisah. Lalu ada juga fasilitas colokan listrik atau USB Port untuk mengisi daya ponsel. Kemudian sistem hiburan juga bisa berbeda-beda.

Audio Video On Demand (AVOD) juga opsional dari bangku yang digunakan. Tidak semua bus kelas Super Eksekutif memakainya,” kata Dimas.

Baca juga: Diskon Mobil Sejuta Umat, Ertiga Tembus Rp 30 Juta, Mobilio Rp 20 Juta

Kabin bus PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus PO Rosalia Indah

Selain itu, fasilitas yang biasanya ada di kelas super eksekutif seperti adanya bantal atau selimut. Bahkan seperti yang Kompas.com temui di First Class Rosalia Indah, penumpang diberi guling untuk menemani perjalanan.

Kemudian soal servis makan di restoran saat beristirahat, Dimas mengatakan, biasanya ada perbedaan dari kelas bus yang dinaiki.

Walaupun semua penumpang beristirahat di restoran yang sama, kelas super eksekutif memiliki antrian dan tempat makan yang terpisah.

“Kalau prasmanan biasanya sudah paketan. Sekarang juga ada yang menunya bisa dipilih saat penumpang masih di bus atau saat perjalanan seperti di First Class Rosalia Indah,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com