Fasilitas Mewah yang Ada di Bus AKAP Kelas Eksekutif

Kompas.com - 27/01/2021, 19:01 WIB
Kursi bus leg rest terpisah bus-truck.idKursi bus leg rest terpisah

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia saat ini semakin mewah kelas pelayanannya. Saat ini sudah ada kelas pelayanan Super Eksekutif sampai ada juga yang memakai sleeper seat.

Kelas pelayanan yang bisa dibilang mewah ini juga memiliki beragam fasilitas, baik dari model kursi yang digunakan, fitur kursinya, sampai perbedaan servis makan.

Secara umum, untuk kelas Super Eksekutif menggunakan susunan kursi 2-1, sedangkan sleeper seat biasanya hanya 1-1.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, setiap PO bus memiliki perbedaan fasilitas yang diberikan kepada penumpangnya. Namun secara umum, ada beberapa hal yang sama.

Baca juga: Punya Uang Rp 2 Jutaan Ingin Beli Motor Bekas, Ini Pilihannya

Kursi bus AKAP PO Adhi PutraKaroseri Laksana Kursi bus AKAP PO Adhi Putra

“Biasanya kursi ukuran jumbo dan ada leg rest serta armrest. Selain itu beragam, tergantung dari PO bus nya,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Rabu (27/1/2021).

Misalnya seperti leg rest di PO Rosalia Indah yang berbeda karena bentuknya yang terpisah. Lalu ada juga fasilitas colokan listrik atau USB Port untuk mengisi daya ponsel. Kemudian sistem hiburan juga bisa berbeda-beda.

Audio Video On Demand (AVOD) juga opsional dari bangku yang digunakan. Tidak semua bus kelas Super Eksekutif memakainya,” kata Dimas.

Baca juga: Diskon Mobil Sejuta Umat, Ertiga Tembus Rp 30 Juta, Mobilio Rp 20 Juta

Kabin bus PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin bus PO Rosalia Indah

Selain itu, fasilitas yang biasanya ada di kelas super eksekutif seperti adanya bantal atau selimut. Bahkan seperti yang Kompas.com temui di First Class Rosalia Indah, penumpang diberi guling untuk menemani perjalanan.

Kemudian soal servis makan di restoran saat beristirahat, Dimas mengatakan, biasanya ada perbedaan dari kelas bus yang dinaiki.

Walaupun semua penumpang beristirahat di restoran yang sama, kelas super eksekutif memiliki antrian dan tempat makan yang terpisah.

“Kalau prasmanan biasanya sudah paketan. Sekarang juga ada yang menunya bisa dipilih saat penumpang masih di bus atau saat perjalanan seperti di First Class Rosalia Indah,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X