Jangan Mau Ditembak, Begini Cara Dapat Jasa Derek dan Tarifnya Bila Mogok di Tol

Kompas.com - 25/01/2021, 17:41 WIB
Ilustrasi derek mobil ombroIlustrasi derek mobil
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini peristiwa mobil mogok di jalan tol masih kerap dialami oleh sebagian pengendara kendaraan bermotor. Terlebih, ketika kendaraan telah menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan kondisi hujan.

Pada kasus ini, tentunya pemilik harus melakukan berbagai langkah strategis untuk bisa melanjutkan perjalanan dan tidak mengganggu pengguna jalan lain.

Salah satunya memakai fasilitas derek dari operator jalan tol terkait, seperti Jasa Marga. Lantas, bagaimana cara mendapatkan layanan tersebut dan tarifnya?

Baca juga: Wacana Polisi Dilarang Menilang, Pengamat Saran Harus Lebih Detail

Sabtu (4/6/2016), mobil derek Dinas Perhubungan menderek mobil yang terendam banjirKompas.com/David Oliver Purba Sabtu (4/6/2016), mobil derek Dinas Perhubungan menderek mobil yang terendam banjir

Dihubungi belum lama ini, Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan, fasilitas derek yang disediakan ada dua macam, yang gratis maupun berbayar.

Fasilitas derek gratis dapat dipakai pengendara yang mobilnya mogok atau mengalami kecelakaan di jalan bebas hambatan. Pada layanan ini, Anda akan diantar sampai pintu tol terdekat.

Sementara fasilitas derek berbayar, pemilik atau pengemudi bakal diantar sampai bengkel terdekat atau langganan. Adapun tarifnya, sesuai Peraturan Daerah DKI Jakarta No. 1 Tahun 2015 tentang Tarif Retribusi Pelayanan Perhubungan.

Baca juga: Komparasi Hyundai Palisade dengan Pajero Sport dan Fortuner

Derek Mobilombro Derek Mobil

Berikut tarif pemakaian mobil derek (atas permintaan pemilik kendaraan);

1. Mobil penumpang (sedan, jeep, station wagon), mobil barang (pick up, mobil box, light truk dan sejenisnya) dan mobil bus kecil (mikrolet, APK dan sejenisnya):

- Untuk jarak sampai dengan 10 kilometer dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per kendaraan.

- Untuk jarak 10 sampai dengan 20 kilometer dikenakan biaya sebesar Rp 35.000 per kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X