Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melintas di Jalan Licin Musim Hujan, Mata Juga Perlu Fokus

Kompas.com - 25/01/2021, 15:41 WIB
Gilang Satria

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata adalah jangkar buat pengendara motor. Ke mana arah mata tertuju maka biasanya sepeda motor akan mengikuti.

Karena itu Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, menjaga pandangan saat sedang berkendara sangat penting terutama di musim hujan.

Seperti diketahui musim hujan kondisi tidak bisa diprediksi. Adapun jalan basah yang licin  usai hujan bisa berbahaya buat pengendara motor.

Baca juga: Motor Listrik Budi Luhur BL-SEV01 Bisa Pakai Mono Arm Ducati

"Pandangan mata saat berkendara harus selalu melihat ke depan agar kita dapat mengantisipasi dan lebih siap apabila ada jalan yang dianggap berbahaya," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Jika menemui jalan rusak atau berluang, Agus mengatakan jangan panik dan melakukan pengereman mendadak yang bisa membuat ban terkunci.

"Usahakan tidak panik, jaga keseimbangan motor, dan tidak melakukan rem mendadak pada rem depan jika berada di jalan licin, karena roda depan dapat tergelincir saat rem mendadak," katanya.

Baca juga: 3 Bagian Kaki-kaki Sepeda Motor yang Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Agus mengatakan, cara pengereman yang benar saat melalui jalan licin ialah mengerem bersamaan antara depan dan belakang.

"Jadi usahakan untuk mengerem dengan kedua rem secara bersamaan dan porsi rem belakang lebih kuat dibanding rem depan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com