Melintas di Jalan Licin Musim Hujan, Mata Juga Perlu Fokus

Kompas.com - 25/01/2021, 15:41 WIB
Ilustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan ShutterstockIlustrasi Berkendara Sepeda Motor di Musim Hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata adalah jangkar buat pengendara motor. Ke mana arah mata tertuju maka biasanya sepeda motor akan mengikuti.

Karena itu Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, menjaga pandangan saat sedang berkendara sangat penting terutama di musim hujan.

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Seperti diketahui musim hujan kondisi tidak bisa diprediksi. Adapun jalan basah yang licin  usai hujan bisa berbahaya buat pengendara motor.

Baca juga: Motor Listrik Budi Luhur BL-SEV01 Bisa Pakai Mono Arm Ducati

"Pandangan mata saat berkendara harus selalu melihat ke depan agar kita dapat mengantisipasi dan lebih siap apabila ada jalan yang dianggap berbahaya," kata Agus kepada Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika menemui jalan rusak atau berluang, Agus mengatakan jangan panik dan melakukan pengereman mendadak yang bisa membuat ban terkunci.

Ilustrasi berkendara saat hujanmotorcyclenews.com Ilustrasi berkendara saat hujan

"Usahakan tidak panik, jaga keseimbangan motor, dan tidak melakukan rem mendadak pada rem depan jika berada di jalan licin, karena roda depan dapat tergelincir saat rem mendadak," katanya.

Baca juga: 3 Bagian Kaki-kaki Sepeda Motor yang Wajib Dicek Saat Musim Hujan

Agus mengatakan, cara pengereman yang benar saat melalui jalan licin ialah mengerem bersamaan antara depan dan belakang.

"Jadi usahakan untuk mengerem dengan kedua rem secara bersamaan dan porsi rem belakang lebih kuat dibanding rem depan," katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X