Masih Ada Kesempatan, Berikut Jadwal Uji Emisi Gratis Pekan Ini

Kompas.com - 25/01/2021, 17:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah RI melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta masih melaksanakan tes emisi gratis hingga pekan ini di kantor pusatnya pada 26-28 Januari 2021.

Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan DLH DKI Jakarta, Yusiono, menyatakan langkah tersebut merupakan kelanjutan dari penerapan Pergub DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020.

"Masih ada kesempatan (bagi yang belum sempat melakukan uji emisi). Kami menjadwalkan pada Selasa sampai Kamis pekan ini di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Jl Mandala V No.67 Jakarta Timur," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (25/1/2021).

Baca juga: Bocor, Honda Lagi Bangun Motor Listrik Jenis Sport

 

Sanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKI Sanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021

Adapun waktu pelaksanaan uji emisi tidak berubah dari beberapa pekan lalu, yakni pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Tidak ada batasan kuota kendaraan yang ditampung tiap harinya.

Yusiono pun menyebut bahwa antusiasme masyarakat selama beberapa kali uji emisi gratis ini sangat tinggi. Bahkan, sudah banyak mobil dan motor yang mengantre mulai pukul 06.00 WIB.

Akhirnya, layanan dibuka pada lebih awal dari jadwal, yang semula pukul 09.00 WIB menjadi 07.00 WIB.

Baca juga: 2 Kesalahan Soal Spion yang Paling Sering Dilakukan Pemotor

"Tapi, untuk masyarakat yang tidak bisa mengikuti uji emisi gratis dari kami, dapat menguji kendaraannya di bengkel-bengkel yang sudah sesuai syarat dari kami," papar dia.

Sementara bengkel yang bisa melaksanakan uji emisi bisa dilihat di aplikasi uji e-uji emisi. Hanya saja pemilik kendaraan bakal dikenakan tarif sesuai ketetapan bengkel terkait.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Lingkungan Hidup DKI (@dinaslhdki)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.