Kompas.com - 22/01/2021, 18:01 WIB
Motor terabas banjir Foto: KaskusMotor terabas banjir
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan beberapa ruas jalan berpotensi tergenang banjir. Jika ingin menerjang banjir maka perhitungkan ketinggian airnya.

Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, motor tetap bisa melintasi banjir selama air tidak masuk knalpot.

Baca juga: Bantu Perbaiki Mushala, Anggota MACI Gresik Rela Lelang Motor Antik

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot, sepeda motor masih aman saat melintasi lokasi banjir,” kata Endro belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Motor terabas banjirFoto: Motorplus-online Motor terabas banjir

Karena itu, kata Endro, pengendara mesti memperhitungkan apakah jalan aman dilewati. Jangan sampai memaksa kemudian mogok di tengah jalan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Endro mengatakan, jika ketinggian air banjir melebihi dari ujung knalpot, lebih baik pengendara berputar dan tidak nekat melintasinya.

Baca juga: Cara Aman Pengendara Motor Lewat Bawah Konstruksi Flyover

“Kalau pengendara nekat melintas dan melebihi batas tadi kemudian mogok, lebih baik motor jangan langsung dinyalakan," katanya.

"Kalau punya kemampuan, bisa periksa komponen kelistrikan, saringan udara, busi, knalpot, baterai, sampai karburator jika motornya belum injeksi,” kata Endro.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X