Sirkuit Sepang Mulai Buka Wacana Gelar Night Race

Kompas.com - 22/01/2021, 13:41 WIB
Para pebalap MotoGP melakukan start pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015). MOTOGP.COMPara pebalap MotoGP melakukan start pada balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (25/10/2015).

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Sepang, Malaysia, sudah cukup lama menjadi tuan rumah MotoGP. Selama ini, balapan selalu digelar pada siang hari. Namun, pihak sirkuit juga ternyata mempertimbangkan untuk menggelar balapan malam.

Dari seluruh sirkuit yang menjadi tuan rumah MotoGP, hanya Sirkuit Losail, Qatar, yang menggelar balapan pada malam hari. Sebab, pada siang hari, banyak pasir yang mengotori sirkuit, mengingat lokasinya yang berada di tengah padang pasir.

Baca juga: Sirkuit Sepang Dipastikan Batal Gelar Sesi Tes Pra-Musim

Di Sepang sendiri, sebenarnya tidak ada masalah dengan menggelar balapan pada siang hari. Meskipun, terkadang cuaca yang cukup panas menyulitkan pebalap untuk beradaptasi.

Aksi pebalap MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (27/10/2014).Febri Ardani Aksi pebalap MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (27/10/2014).

CEO Sirkuit Sepang Razlan Razali, mengatakan, untuk menggelar night race, perlu mengecek terlebih dahulu sistem pencahayaannya dengan Franco Uncini, yang bertanggung jawab pada keamanan di FIM.

"Sistem pencahayaannya dibangun oleh orang yang sama yang membangun trek di Qatar dan menyuplai di Bahrain. Dia (Uncini) akan memertimbangkan peningkatan apa yang dibutuhkan," ujar Razlan, dikutip dari Speedweek.com.

Baca juga: CEO Sirkuit Sepang Bantah Malaysia Gelar MotoGP Dua Kali

Razlan menambahkan, dirinya saat ini masih menjabat sebagai CEO Sirkuit Sepang. Tapi, untuk masa depan, CEO berikutnya juga akan memikirkan soal inovasi night race ini.

"Menurut saya, jika memungkinkan untuk menggelar balap tahun ini, akan memungkinkan juga untuk mengevaluasi kemungkinan diadakannya night race," kata Razlan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X