Cara Aman Pengendara Motor Lewat Bawah Konstruksi Flyover

Kompas.com - 22/01/2021, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengendarai motor di perkotaan memang banyak tantangannya. Pembangunan infrastruktur seperti flyover juga banyak dilakukan demi kelancaran jalan di masa depan.

Pengerjaan flyover pun kadang dilakukan ketika kondisi jalan di bawahnya sedang ramai. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pengendara motor saat melewati kolong konstruksi flyover baik yang sudah beres atau masih pengerjaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, mengendarai motor di bawah flyover ada beberapa hal yang perlu diwaspadai, seperti jalan yang agak gelap, dan pandangan yang terbatas karena konstruksi tersebut.

Baca juga: Suzuki Carry Bersolek, Pasang Bumper Kapak dan APAR di Awal 2021

Pengendara sepeda motor berteduh di kolong Simpang Susun Semanggi, Jumat (9/11/2018).Kompas.com/Sherly Puspita Pengendara sepeda motor berteduh di kolong Simpang Susun Semanggi, Jumat (9/11/2018).

“Tips pertama bagi pengendara motor, pandangan harus selalu lihat jauh ke depan. Sehingga pandangan kita jadi lebih luas dan lebih cepat dalam mengantisipasi potensi bahaya yang ada,” ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (21/1/2021).

Kedua, yaitu jaga jarak aman dan kecepatan saat berkendara. Selanjutnya yaitu selalu waspada terhadap benda-benda yang kira-kira dapat terjatuh.

Terakhir, ambillah sisi jalan paling aman saat berkendara dan usahakan tidak berjalan di bawah konstruksi flyover yang masih tahap pengerjaan.

Baca juga: Desain Bus Single Glass Bisa Kembali Jadi Tren?

“Dengan pandangan yang jauh ke depan, pengendara tidak perlu harus melulu cek ke atas. Karena pengendara sudah bisa memprediksi sebelum melewati jalan tersebut,” kata Agus.

Kemudian, jika ada jalan alternatif lain yang tidak melewati konstruksi flyover yang masih proses pengerjaan, pilih jalan tersebut. Tetapi, kalau tidak ada jalan lain, harus waspada terhadap bahaya yang ada di depan pengendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.