Mengenal Bus Varian Skylander Buatan Karoseri New Armada

Kompas.com - 20/01/2021, 17:21 WIB
Bus AKAP Instagram/newarmada.officialBus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap karoseri di Indonesia memiliki model jagoannya masing-masing untuk kelas bus besar. Misalnya Laksana punya Legacy SR2, Tentrem punya Avante, Adiputro punya Jetbus, dan Skylander dari New Armada.

Sama seperti karoseri lainnya, Skylander dari karoseri New Armada terdiri dari berbagai varian. Setidaknya varian Skylander terdiri dari tiga yaitu High Deck Double Glass (HDD), Super High Deck (SHD) dan Double Decker.

Sales Executive karoseri New Armada Jatibaru Gerry Adrian mengatakan, secara umum desain dari Skylander HDD dan SHD tidak begitu berbeda, hanya dari tinggi dan panjangnya saja.

Baca juga: Eksistensi 17 Tahun Xenia dan Fakta yang Mulai Meredup

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@newarmada.official)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“HDD tingginya 3,6 meter dan panjang 12 meter. Sedangkan SHD tingginya 3,85 meter dan panjang bisa 12,8 meter atau 13,5 meter kalau pakai sasis tronton,” ucap Gerry kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Kemudian, pilihan sasisnya juga terbatas, misal kalau Skylander HDD, bisa memakai sasis ladder frame maupun space frame. Sedangkan untuk Skylander SHD, harus memakai model space frame.

“Untuk SHD contohnya memakai sasis Scania K360ib, K410iB atau Mercedes Benz OH 1836 dan OH 2542,” kata Gerry.

Baca juga: Besok Uji Emisi Gratis Terakhir di Lapangan, Catat Perubahan Lokasinya

Double decker new armadainstagram/newarmada.official Double decker new armada

Sedangkan kalau Skylander Double Decker, memiliki tinggi 4,2 meter dan panjang 13,5 meter. Secara desain juga tidak terlalu berbeda, namun kalau double decker tidak memakai bando untuk sekat antara kaca atas dan bawah.

“Untuk yang double decker memang tanpa bando, tetapi yang tipe HDD dan SHD masih menggunakannya karena melihat tren pasar yang masih ingin tampilan sporty, diwakili oleh elemen bando,” kata Deddy Hermawan, Design Development karoseri New Armada kepada Kompas.com.

Selain itu, sesuai regulasi, untuk bus tingkat memang harus memakai sasis tronton atau triple axle. Sasis yang bisa dipasangkan ke bodi ini misalnya Mercedes Benz OH 2542, Scania K410iB, Volvo B11R.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.