Besok Uji Emisi Gratis Terakhir di Lapangan, Catat Perubahan Lokasinya

Kompas.com - 20/01/2021, 07:31 WIB
Sanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021 DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKISanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang implementasi Pergub 66 Tahun 2020 tentang Uji emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta kembali mengelar uji emisi gratis pada 21 Januari 2021.

Pelaksanaan uji emisi kali ini merupakan yang terakhir dihelat secara keliling di lapangan dari Desember lalu. Meski masih sesuai jadwal, namun ada perubahan dari titik lokasi pengujiannya.  

"Betul, hari Kamis itu yang terakhir untuk kegiatan yang kami gelar di lapangan secara keliling sejak Desember lalu," ucap Humas DLH Yogi Ikhwan, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

"Tapi untuk uji emisi gratis di 21 Januari nanti ada perubahan lokasi. Semula kami akan gelar di Jalan Merdeka Barat Selatan, tapi kami geser ke wilayah Kemayoran," kata dia.

Baca juga: Mengenal Emisi Gas Buang Kendaraan yang Jadi Aturan Wajib di DKI

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Lingkungan Hidup DKI (@dinaslhdki)

Untuk lokasi tepatnya, Yogi mengatakan uji emisi gratis akan berlangsung di Jalan Benyamin Sueb, Jakarta Pusat. Acara dipindahkan karena pertimbangan lahan jalan yang lebih luas.

Masyarakat pemilik kendaraan, baik sepeda motor atau mobil, dengan usia pakai sudah di atas tiga tahun, bisa langsung datang ke lokasi mengikuti uji emisi gratis yang dihelat sejak pagi hari.

Tapi untuk mencegah kepadatan serta menghindari timbulnya kemacetan lalu lintas, pelaksanaan uji emisi gratis akan dilakukan secara terbatas menggunakan sistem kuota.

Baca juga: Berapa Lama Hasil Uji Emisi Kendaraan Berlaku?

"Kita terapkan sistem kota untuk ketertiban dan menjaga kondisi lalu lintas. Kuota uji emisi untuk motor 300 unit, kalau mobil kuotanya dibatasi sampai 200 unit saja," kata Yogi.

Sampai Akhir Bulan

Meski dibatasi, Yogi mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir, karena DLH juga sudah menyediakan lokasi-lokasi uji emisi gratis lainnya yang tersebar di kantor Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X