Soal Nasib Mobilio dan BR-V, Honda Klaim Tunggu Tanggal Mainnya

Kompas.com - 20/01/2021, 09:51 WIB
Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski mengalami penurunan penjualan di 2020, namun PT Honda Prospect Motor (HPM) menorehkan prestasi tersendiri melalui Brio.

Sepanjang 2020, Brio menjadi model terlaris sekaligus tulang punggung utama Honda. Tak hanya itu, mobil kecil yang bermain di dua kelas ini juga sukses mengalahkan juara bertahan, Toyota Avanza.

Namun demikian, kesuksesan Brio mendatangkan pertanyaan soal nasib produk lainnya yang mulai redup, yakni Mobilio dan BR-V.

Baca juga: Honda Besar Hati, Brio Cetak Rekor Baru di Indonesia

 

Seperti diketahui, kedua model tersebut sebelumnya digosipkan meluncur di 2020, namun sejauh ini belum ada tanda-tandanya. Lantas bagaimana kelanjutannya di 2021 ?

Tes drive Honda BR-V Semarang-Jepara Tes drive Honda BR-V Semarang-Jepara

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menjawab pertanyaan tersebut, Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing PT HPM, menegaskan sejauh ini belum ada keputusan soal Mobilio dan BR-V.

Namun secara penjualan, Mobilio dianggap stabil karena performanya menempati urutan ketiga, setelah Brio dan HR-V 1.5L.

"Kalau lihat Honda Mobilio tidak terlalu jelak, cukup stabil. Tapi memang market di LMPV itu turun, dan Low SUV yang naik juga city car dan LCGC," ujar Billy dalam diskusi virtual, Senin (18/1/2021).

Baca juga: Eksistensi 17 Tahun Xenia dan Fakta yang Mulai Meredup

 

Meski mengklaim penjualannya masih stabil, namun melihat pamor dari peta persaingan MPV murah berdasarkan data penjualan wholesales Gaikindo, Mobilio memang mulai meredup.

Honda Mobilio Tipe E 2019 Honda Mobilio Tipe E 2019

Secara total wholesales-nya di 2020 hanya 5.668 unit. Jumlah tersebut mengantarkan Mobilio di posisi keenam dari tujuh pemain MPV murah, bahkan kalah dengan Nissan Livina yang diam-diam juga ikut menggeser Xenia.

 

"Kalau ditanya penyegaran produk, memang itu menjadi salah satu strategi kami, tapi model dan waktunya tidak bisa kami informasikan sekarang karena tergantung kebutuhan konsumen dan kondisi pasar," ucap Billy.

Baca juga: Daftar MPV Murah Terlaris 2020, Livina Ungguli Xenia dan Ertiga

Honda BR-V Facelift, Jepara Honda BR-V Facelift, Jepara

"Kami melihat market itu arahnya kemana, dan studi ini jalan terus. Sementara ini kami tidak bisa sebutkan apa yang akan kami luncurkan ke depan, apakah ada pengganti Mobilio dan BR-V, kita tunggu tanggal mainnya saja," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.