Honda Besar Hati, Brio Cetak Rekor Baru di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2021, 08:02 WIB
All New Honda Brio DOK. HONDA PROSPECT MOTORAll New Honda Brio

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Indonesia besar hati dengan mencetak rekor baru, duduk diperingkat teratas mobil terlaris di Indonesia pada 2020. Hasil ini diperoleh dari Brio dan Brio Satya di manna keduanya berasal dari satu platform sama, tapi mengisi dua segmen berbeda.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil perkotaan berharga terjangkau tersebut mencatatkan total penjualan 43.021 unit, selisih 5.125 unit dari Toyota Avanza.

Rinciannya, sepanjang periode Januari-Desember 2020 Honda Brio Satya yang mengisi segmen mobil murah dan ramah lingkungan atau LCGC mampu terjual 31.713 unit. Sementara Honda Brio RS yang bermain di segmen city car, mencatat angka penjualan 11.308 unit.

Baca juga: Ekspor Mobil ke Filipina Dihambat Bea Masuk, Ini Respon Honda

Pencapaian Honda Brio di Indonesia hingga 2020KOMPAS.com/Ruly Pencapaian Honda Brio di Indonesia hingga 2020

"Pertama kalinya dalam sejarah Honda Prospect Motor (HPM) berdiri, salah satu produk kami yaitu Brio berhasil menjadi produk terlaris di Indonesia dan dalam kondisi pasar sangat menantang," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, Yusak Billy dalam diskusi virtual, Senin (18/1/2021).

Ia menambahkan, pencapaian tersebut dapat digapai seiring dengan pergeseran tren serta aktivitas masyarakat di tengah pandemi virus corona alias Covid-19.

"Jika kita lihat kembali, model ini diciptakan dan dikembangkan secara khusus berdasarkan hasil survei terhadap kebutuhan konsumen di pasar dalam negeri, khususnya pembeli mobil pertama," ujar Billy.

"Itu terbukti dari desain mobil yang sporty, perawatan mudah, hemat bahan bakar, serta harga terjangkau. Kemudian dalam kondisi pandemi, kami lihat adanya pergeseran dari tren di masyarakat," kata Billy, melanjutkan.

Baca juga: Strategi Honda Antarkan Brio Bisa Kalahkan Toyota Avanza di 2020

Uji Irit Honda Brio Satyadok.HPM Uji Irit Honda Brio Satya

Satu diantaranya ialah terjadi penurunan aktivitas atas penggunaan transportasi umum dan meningkatnya pemakaian mobil pribadi karena kekhawatiran terjadi penularan virus.

"Tren itu mendorong para pembeli pertama atau first time buyer. Lantas, pembatasan aktivitas di luar rumah juga kerap memicu peningkatan penggunaan media digital oleh para anak muda yang jadi salah satu target pasar dari Brio," kata Billy.

"Sehingga, membuka jalur komunikasi dan penjualan yang justru semakin mendekatkan Brio dengan konsumennya," ucap dia lagi.

Brio sendiri kali pertama diluncurkan oleh Honda pada penghujung 2012 lalu. Kala itu, mobil berstatus sebagai tunggangan perkotaan yang cukup kompak dan mudah dikendarai.

Baca juga: Kenapa Sesi Tes Pra-Musim Sangat Penting di MotoGP?

PT Honda Prospect Motor akan mengubah lubang takngi Brio Satya.Donny Apriliananda PT Honda Prospect Motor akan mengubah lubang takngi Brio Satya.

Satu tahun setelahnya, Honda Indonesia menghadirkan varian Satya dalam rangka menjawab program low cost green car (LCGC) yang dicanangkan pemerintah.

"Kala itu, Brio Satya yang diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal mencapai lebih dari 89 persen langsung dapat respon positif. Kami juga terus kembangkan local content produk ini," ujar Billy.

Sejak debut perdananya, tulang punggung dari Honda Indonesia ini terus mengalami pertumbuhan positif tiap tahunnya hingga 2020, sudah ada sekitar 376.000 unit Brio yang tersebar di seluruh penjuru negeri.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X