Scorpio Electric X Model, Calon Skuter Listrik dari Negara Tetangga

Kompas.com - 18/01/2021, 12:22 WIB
Scorpio Electric X Model Bikesrepublic.comScorpio Electric X Model

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia sudah memiliki beberapa sepeda motor listrik karya anak bangsa. Belum lama ini, negara tetangga juga mengeluarkan saingannya dengan menghadirkan Scorpio Electric X Model.

Dilihat dari dimensinya, skuter listrik yang bongsor ini bisa jadi lawan sepadan dari United T1800 atau Gesits Electric. Namun, X Model belum diproduksi secara massal alias masih berupa purwarupa atau prototype.

Baca juga: Komparasi Motor Listrik Gesits dan United T1800

Dikutip dari Bikesrepublic.com, X Model merupakan skuter listrik pertama yang sepenuhnya dibuat secara lokal oleh Singapura. Motor ini rencananya akan dijual ke pasaran tahun ini.

Scorpio Electric X ModelBikesrepublic.com Scorpio Electric X Model

Selain X Model, kabarnya Scorpio Electric juga ke depannya akan menyiapkan beberapa model menarik lainnya. X Model sendiri dibangun dari tiga unsur utama, yakni desain, teknologi, dan performa.

Sayangnya, tidak banyak detail yang diungkap dari motor listrik ini. Tapi, Scorpio Electric berencana untuk mengembangkan X Model agar dapat menembus top speed 100 kilometer per jam dengan jangkauan hingga 200 km dalam kondisi baterai penuh.

Baca juga: Begini Rasanya Tunggangi Motor Listrik Rakitan Indonesia, United T1800

"Masa depan adalah elektrik. Kami percaya kami bisa membuat perubahan dengan mengantarkan era baru cara transportasi yang lebih bersih dan lebih efisien," ujar Melvin Goh, Chief Executive Scorpio Electric.

Scorpio Electric X ModelBikesrepublic.com Scorpio Electric X Model

Keunggulan lain dari X Model termasuk konektivitas pintar melalui platform aplikasi selulernya, yang dapat membantu sistem keamanan, seperti lokasi parkir terakhir motor. Selain itu, sistem pada motor juga dapat mengoptimalkan efisiensi pengoperasian berkendara dengan belajar dari perjalanan harian pengendara. Motor ini bahkan disebut dapat memperingatkan pengguna untuk setiap potensi kesalahan sebelum itu terjadi.

Spesifikasi lain juga dapat terlihat dari penggunaan suspensi depan upside down, sistem pencahayaan LED, pelek racing, rem cakram, dan lainnya.

Scorpio Electric X ModelBikesrepublic.com Scorpio Electric X Model

Belum diketahui berapa banderol X Model nantinya. Tapi, jika harganya cukup kompetitif, bukan tidak mungkin skuter listrik ini akan masuk ke negara tetangga lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia tentunya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X