Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Motor Listrik Gesits dan United T1800

Kompas.com - 22/12/2020, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik semakin menggeliat, meski belum bisa dikatakan masif. Sejumlah merek mulai masuk dan menawarkan motor ramah lingkungan tersebut.

Salah satunya ialah United T1800. Lahir dari merek yang terkenal sebagai produsen sepeda, motor baru ini mengentak di akhir tahun dengan tampilan ala skuter maxi.

Baca juga: Komparasi Yamaha Gear 125, Honda Vario 125, dan Kymco GP 125

Saat ini cukup banyak pemain di motor listrik. Tapi melihat desain bodi dan spesifikasinya. United T1800 cocok menjadi lawan Gesits yang sudah lebih dulu eksis di Tanah Air.

Lantas bagaimana perbandingan kedua motor tersebut. Berikut ulasannya.

Motor Listrik United T1800Foto: APHIT McKlein Motor Listrik United T1800

Desain

Setealah perjalanan panjang, Gesits resmi meluncur di IIMS 2019. Motor ini dikembangkan oleh putra-putri bangsa. Desainnya sporty seperti skutik Jepang 125 cc yang banyak di jalan.

Fasia depannya agresif. Lampu depan terbelah dua dan sudah LED. Adapun bodi belakangnya mengikuti skema dari depan dengan lampu belakang yang cukup agresif.

Adapun United T1800 bergaya sporty ala skuter bongsor. Beda dengan mayoritas skuter listrik yang berdesain lucu, imut atau bahkan mengotak. 

Lampu depan LED dengan model dua mata sedikit sipit. Di atasnya ada windshield besar, dan setang model semi telanjang yang mengingatkan skema Yamaha Nmax.

Bagian tengah dek juga ala skutik bongsor seperti Nmax dan Honda PCX150. Deknya tidak rata seperti skuter entry level sebab bagian tengah merupakan tempat penyimpanan baterai.

Skuter Listrik GesitsKompas.com/Donny Skuter Listrik Gesits

Fitur

Meski fitur yang ditawarkan tak banyak, tapi menurut Kompas.com, Gesits sudah cukup mengakomodasi kebutuhan konsumen di perkotaan.

Dimulai dari area setang, terdapat beberapa tombol dengan masing-masing fungsi. 

Di sebelah kanan, ada tombol dengan lambang seperti electric starter pada motor biasa. Namun, untuk Gesits ini fungsinya lebih kepada tombol pengaman.

Gesits memiliki 3 mode kecepatan. Mode pertama Echo, kecepatan maksimumnya hanya sekitar 25 kilometer per jam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com