Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/01/2021, 12:21 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kembali diterapkan di wilayah DKI Jakarta mulai Senin (11/1/2021).

Selama penerapan PSBB yang akan berlangsung sampai 25 Januari 2021 itu, akan dilakukan pembatasan kegiatan masyarakat di luar rumah dan juga di sektor transportasi.

Salah satunya yang diatur yakni mengenai jumlah penumpang yang diperbolehkan di angkutan umum atau pun taksi berbasis daring.

Sesuai dengan Pergub nomor 3 tahun 2021 selama PSBB jumlah penumpang yang diperbolehkan hanya 50 persen dari kapasitas total yang ada.

Selain itu, penumpang maupun pengemudi diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Membeli Kendaraan Bekas, Perlu Cek Status STNK?

Sementara itu, untuk kendaraan pribadi tidak ada pembatasan karena selama PSBB aturan ganjil genap (Gage) belum diberlakukan.

Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas kepolisian dari direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya menyosialisasikan penerapan sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) untuk kendaraan roda dua atau motor di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (3/2/2020). Untuk saat ini sistem ETLE untuk pengendara sepeda motor fokus pada penindakan tiga pelanggaran, yakni penggunaan helm, menerobos traffic light, dan melanggar marka jalan. Penerapan aturan tersebut telah resmi diberlakukan mulai Sabtu (1/2/2020).

Meski begitu, penindakan bagi pelanggar lalu lintas berbasis daring atau tilang elektronik akan tetap diterapkan dengan pembatasan jumlah penindakan setiap harinya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar mengatakan, sebagaimana hasil evaluasi yang dilakukan maka aturan Gage belum diterapkan selama PSBB.

“Kalau untuk Electronic Traffic Enforcement Law (ETLE) tetap diterapkan seperti sebelumnya,” kata Fahri kepada Kompas.com, Minggu (10/1/2021).

Baca juga: Blokir STNK Bisa dari Rumah, Begini Caranya

Hanya saja, Fahri menambahkan, selama pandemi Covid-19 ini ada pembatasan dalam penanganan jumlah pelanggar lalu lintas yang terjaring ETLE.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.