Jasa Marga Bakal Lebih Agresif Tangkap Truk ODOL mulai 2021

Kompas.com - 31/12/2020, 09:02 WIB
Razia ODOL di Tol Jakarta-Cikampek jelang Nataru 2020-2021 Jasa MargaRazia ODOL di Tol Jakarta-Cikampek jelang Nataru 2020-2021
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, melalui Jasamarga Metropolitan Toll Road (JMT), berkomitmen bakal melakukan upaya-upaya memberantas kendaraan over dimension dan over loading ( ODOL) mulai 2021.

Selain sebagai bentuk sinergi dengan Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) dalam program Zero ODOL, langkah ini juga dilakukan guna memberikan kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan tol.

Ari Wibowo, JMT Regional Division Head mengatakan, kebijakan rencana penindakan ODOL memang menjadi salah satu fokus utama dalam hal peningkatan layanan lalu lintas.

Karena itu, pihaknya mulai 2020 berupaya menyiapkan fasilitasnya lebih dulu, yakni dengan instalasi atau pemasanan alat pendeteksi ODOL weight in motion ( WIM) di beberapa titik lokasi.

Baca juga: Begini Cara Jaga Jarak yang Aman Saat Mengemudi di Jalan Tol

Ratusan kendaraan niaga terjaring operasi ODOL di Cipularang Ratusan kendaraan niaga terjaring operasi ODOL di Cipularang

"Jadi pada 2020 ini kita konsentrasinya lebih menyiapkan lokasi-lokasi pemasangan WIM, dan nanti di 2021 kita akan bekerja sama dengan stakeholder seperti Kemenhub, kepolisian, dan Dishub untuk melakukan penindakan," kata Ari dalam webinar JMT bersama media, Rabu (30/12/2020).

Lebih lanjut Ari menjelaskan dampak negatif yang disebabkan ODOL cukup besar. Selain dari tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas, keberadaan ODOL juga memberikan kerugian dalam hal kualitas jalan tol.

Operation Depertment Head JMT Ricky Abdurrasyid mengatakan, pada 2020 Jasa Marga sudah melakukan pemasangan beberapa alat WIM yang digunakan untuk mengindentifikasi kendaraan ODOL.

Baca juga: Jelang Libur Akhir Tahun, BPJT Rajin Ringkus Truk ODOL

Kendaraan melintas saat pemberlakuan contraflow di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan Contra Flow tersebut diberlakukan selama proses olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang.ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Kendaraan melintas saat pemberlakuan contraflow di KM 91 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (3/9/2019). Pemberlakuan Contra Flow tersebut diberlakukan selama proses olah tkp kecelakaan beruntun di KM 91 oleh petugas berwenang.

"Lokasi WIM kita sudah terpasang di beberapa titik, ada di Tol JORR, Jagorawi tepatnya di Ciawi, Tol Jakarta-Tangerang, dan Cipularang. Pada 2021 nanti kita akan adakan penertiban ODOL dengan lebih masif dengan mengoptimalkan perangkat yang sudah ada," kata Ricky.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X