Cegah Konvoi Malam Tahun Baru, 11 Titik Masuk DKI Ditutup

Kompas.com - 31/12/2020, 07:02 WIB
Polisi memberhentikan mobil berpenumpang yang melanggar aturan saat pemeriksaan kepatuhan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan setiap pengendara mobil dan motor mematuhi aturan PSBB yang diterapkan di DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak APolisi memberhentikan mobil berpenumpang yang melanggar aturan saat pemeriksaan kepatuhan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (13/4/2020). Pemeriksaan tersebut untuk memastikan setiap pengendara mobil dan motor mematuhi aturan PSBB yang diterapkan di DKI Jakarta. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyambut malam pergantian tahun baru 2021, Ditlantas Polda Metro Jaya siap melakukan pengamanan ekstra ketat dari segala bentuk kerumunan masyarakat, termasuk konvoi kendaraan yang akan masuk ke wilayah Jakarta.

Menyitat dari NTMC, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatkan akan ada 11 titik akses menuju Jakarta yang dijaga ketat.

"Semua titik tersebut akan disekat mulai pukul 20.00 WIB hingga 01.00 WIB 1 Januari 2021," kata Sambodo, Rabu (30/12/2020).

Baca juga: Selama Libur Natal, 483.072 Kendaraan Keluar dari Jakarta

Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

Adapun untuk ke-11 titik penyekatan yang dimaksud rata-rata didominasi oleh akses perbatasan masuk ke wilayah DKI Jakarta, yakni ;

1. Ring Road Tegal Alur.
2. Wilayah UI perbatasan Jakarta-Depok.
3. Jalan Raya Bogor.
4. Perempatan Pasar Jumat perbatasan Jakarta-Tangerang.
5. Joglo.
6. Kembangan
7. Kalimalang.
8. Kawasan Panasonic Jalan Raya Bogor.
9. Depok Polsek Batu Ceper.
10. Perbatasan Bekasi
11. Wilayah Jakarta Timur.

Baca juga: Jaga Etika Baik Saat Touring Libur Tahun Baru

Namun, Sambodo juga menjelaskan adanya penyekatan bukan berarti menutup pintu atau akses Jakarta, tapi lebih mencegah orang  melakukan perayaan tahun baru di DKI.

" Penyekatan kita akan laksanakan filterisasi, penyaringan artinya bukan menutup kota Jakarta, tapi kita tutup dari konvoi dan orang-orang yang diperkirakan akan Tahun Baru di Jakarta," ucap Sambodo.

Suasana Bundaran HI pada malam tahun baru, Senin (31/12/2018).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Suasana Bundaran HI pada malam tahun baru, Senin (31/12/2018).

Mengenai pusat perayaan tahun baru di Jakarta yang biasanya digelar di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Sambodo juga sudah memastikan bakal ditutup mulai 31 Desember 2020 pukul 20.00 WIB hingga 03.00 WIB 1 Januari 2021.

Tak hanya itu, patroli berskala besar dari personel gabungan juga akan dilakukan guna mencegah terjadinya kerumunan warga, khususnya pada lokasi-lokasi rawan keramaian.

"Yang dimaksud car crowd free night Jalan Sudirman-Thamrin tidak boleh dimasuki kendaraan, pesepeda, dan pejalan kaki. Kami akan amankan untuk kami laksanakan rapid test. Kami betul-betul melakukan sterilisasi," kata Sambodo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X