Dorna Bantu Valentino Rossi Punya Tim di MotoGP

Kompas.com - 20/12/2020, 12:01 WIB
Valentino Rossi Foto: AutosportValentino Rossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan rahasia umum lagi jika pebalap veteran Valentino Rossi punya keinginan untuk memiliki tim balap sendiri pada Kejuaraan Dunia MotoGP. Hal itu mendapat tanggapan positif dari CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Sejauh ini, Ducati memiliki peluang besar untuk memenuhi ambisi The Doctor. Ini lantaran, adik tirinya, Luca Marini, akan memperkuat Aviantia Ducati pada MotoGP 2021. Kebetulan, kontrak tim tersebut dengan Dorna Sport akan habis tahun depan.

Baca juga: Dorna Larang Repsol Honda Turunkan 3 Motor di MotoGP 2021

Namun, hingga saat ini Valentino Rossi masih bekerja keras untuk mencari pabrikan mana yang tepat untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Carmelo Ezpeleta mengatakan, dirinya akan mendukung pabrikan mana pun yang akan digandeng oleh Valentino Rossi. Sebab menurutnya, memiliki Valentino Rossi di paddock MotoGP sangat penting, sekali pun dengan peran berbeda.

Peluncuran livery SKY Racing Team VR46 untuk musim balap 2021Instagram @skyracingteamvr46 Peluncuran livery SKY Racing Team VR46 untuk musim balap 2021
“Saya tahu pada 2021 Avintia Racing akan disponsori oleh VR46 dan juga diperkuat pembalap didikan mereka lainnya (Enea Bastianini). Tapi, saya tidak tahu seperti apa masa depan,” ujar Ezpeleta dikutip dari Motori Online, Minggu (20/12/2020).

“Apa yang terjadi nanti, akan ditentukan pada awal musim 2021. Sangat penting untuk terus melihat Valentino Rossi di paddock, apa pun perannya nanti,” lanjut Ezpeleta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, Valentino Rossi masih akan memperkuat Petronas Yamaha SRT dengan kontrak selama setahun. Setelah itu belum diketahui lagi apa yang akan dilakukan pebalap berusia 41 tahun itu.

Baca juga: Selama MotoGP 2020 di 3 Sirkuit Ini Paling Banyak Pebalap Terjatuh

Kebetulan, kontrak Petronas SRT dengan Yamaha akan habis pada penghujung 2021. Tentu, tempat tim asal Malaysia tersebut bisa saja digantikan oleh VR46. Apalagi, Yamaha sudah berjanji untuk mendukung penuh apa pun keputusan yang diambil Valentino Rossi kelak.

Peluang selanjutnya jelas Ducati, karena VR46 perlahan mengambil alih Avintia Racing. Satu pabrikan lain adalah Suzuki. Namun peluangnya kecil, karena niatan mereka memiliki tim satelit hingga kini masih menjadi wacana.

Terakhir, ada KTM. Melalui Direktur Motorsport Pit Beirer menyatakan siap menggandeng Valentino Rossi. Namun, kerja sama itu baru bisa dijalin secepatnya pada 2023, bukan 2022 seperti keinginan sang pembalap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.