Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kegiatan Menyenangkan di Perjalanan Saat Liburan Bareng Anak

Kompas.com - 20/12/2020, 10:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik kendaraan yang memanfaatkan liburan natal dan tahun baru, untuk berlibur keluar kota atau mudik bersama keluarga tersayang.

Namun perlu diwaspadai, bagi Anda yang melakukan perjalanan bersama si kecil terlalu lama di perjalanan saat pergi liburan akan membuat anak bosan.

Setidaknya ada 4 kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan agar perjalanan tidak terasa membosankan bagi anak. Apa saja?

Baca juga: Simak Rekayasa Lalu Lintas dan Pembatasan Parkir di Rest Area Jalan Tol

1. Makan cemilan atau minuman favorit anak

Seorang Psikolog Anna Surti Ariani, mengatakan, jadikan proses makan cemilan dan minum sebagai satu aktivitas sendiri, bukan digabungkan dengan si kecil bermain, antara lain untuk menyederhanakan variasi kegiatan selama di perjalanan.

“Saat ia makan dan minum, minta anak untuk memperhatikan detil dari makanan itu. Misalnya bentuk, rasa, bahan apa yang terkandung, ia sedang mengunyah di bagian mana mulutnya, makanan sedang melewati tenggorokan dan masuk ke perut, dan lain-lain,” ujar Anna saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/20/2020)

Menurut Anna, dengan memperdetil proses makan dan minum ini, bisa jadi aktivitas yang membuat perjalanan panjang tidak terlalu terasa.

Ilustrasi mudikthinkstock/Jupiterimages Ilustrasi mudik

2. Bermain

Menghitung atau menemukan beragam benda menjadi hal yang menyenangkan untuk si anak ketika sedang berada di perjalanan.

“Misal, orang tua mengajak anak untuk menghitung jumlah truk, bus, mobil warna tertentu, tiang listrik, billboard, pohon kelapa, dan lain-lain,” kata Anna.

Baca juga: Seberapa Efektif Bengkel Berjalan Auto2000?

3. Bercerita
Kegiatan menyenangkan lainnya yang bisa dilakukan selama perjalanan adalah bermain sambil membuat cerita bersama sang anak.

“Misalnya, ayah membuat 1 kalimat, lalu ibu melanjutkan dengan kalimat lain. Lalu anak melanjutkan lagi dengan kalimat lain lagi dan seterusnya sampai membentuk cerita. Tidak perlu memberikan kritik jika cerita agak aneh atau kurang nyambung, yang penting ada aktivitas selama di perjalanan,” kata Anna.

4. Beristirahat
“Jangan berpikir bahwa anak terus membutuhkan aktivitas. Sesekali ia akan perlu tidur dan beristirahat supaya tetap fit dalam perjalanan,” kata Anna. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com