Dorna Larang Repsol Honda Turunkan 3 Motor di MotoGP 2021

Kompas.com - 20/12/2020, 08:01 WIB
Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020. AFP/MOHD RASFANPebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, bersiap untuk keluar dari pit pada hari pertama sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, 7 Februari 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 bisa jadi merupakan musim yang buruk bagi Repsol Honda.

Bagaimana tidak, Repsol Honda harus merelakan kesempatan untuk meraih gelar juara dunia, lantaran pebalap andalannya Marc Marquez mengalami cedera lengan tangan kanan di seri pembuka MotoGP Jerez.

Cedera membuat Marquez harus menjalani operasi ketiga pada Desember lalu. Pebalap yang dijuluki The Baby Alien itu juga diperkirakan akan melewatkan masa pramusim dan beberapa balapan pertama di 2021, karena butuh waktu yang cukup lama untuk pemulihan.

Baca juga: Selama MotoGP 2020 di 3 Sirkuit Ini Paling Banyak Pebalap Terjatuh

Kondisi ini membuat Honda mulai mencari rider yang kompetitif untuk menggantikan Marquez sementara. Andrea Dovizioso pun digadang-gadang akan menjadi rider yang tepat untuk menggantikan Marquez.

Untuk diketahui, Dovizioso telah memutuskan tidak akan mengikuti balapan dan menerima tawaran dalam bentuk apapun untuk MotoGP 2021.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kontrak Dovizioso di Ducati sudah berakhir pada musim ini. Rumor menyebutkan bahwa masalah gaji yang tidak dipenuhi, membuat pebalap asal Italia tersebut tidak perpanjang kontrak dengan Ducati.

Dovi baru berencana untuk comeback ke lintasan pada MotoGP 2022, atau ketika ada tawaran MotoGP yang menjanjikan.

“Vakumnya Andrea adalah sebuah kerugian, mengingat pada tahun-tahun sebelumnya ia tiga kali menjadi wakil juara dunia. Saat ini dirinya belum menemukan kesepakatan untuk balapan, saya pikir dia memang hanya ingin sekedar vakum,” ujar CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dikutip dari Motorionline, Sabtu (19/12/2020).

Baca juga: KTM Tambah Tim Satelit Kedua, Tim Sky VR46 Dilirik

“Saya tidak tahu apakah dia akan kembali tahun ini atau tahun depan, tetapi saya tidak menganggapnya sebagai pebalap yang telah pensiun. Lagipula, dia tidak berbicara tentang pensiun melainkan tentang vakum,” lanjut Ezpeleta.

Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Andrea Dovizioso saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Bukan rahasia lagi bahwa Dovizioso sempat bertekad untuk kembali ke Repsol Honda pada 2018 dan melakukan negosiasi untuk menempati jabatan sebagai test rider. Memiliki pebalap sekelas Dovizioso pun tentunya akan menggiurkan bagi Honda.

Namun, Repsol Honda sudah memiliki Pol Espargaro untuk 2021. Lantas apakah tim pabrikan Jepang ini akan mendapat pengecualian dari Dorna Sport dan FIM untuk menurunkan tiga motor sekaligus seperti tahun 2011 silam?

“Tidak mungkin menurunkan lebih dari dua motor untuk tim yang sama. HRC memiliki dua entri untuk tim Repsol Honda dan dua untuk Tim Lucio Cecchinello (LCR Honda). Tidak akan ada kemungkinan untuk membuat pengecualian,” tegas Ezpeleta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.