5 Kebiasaan Baru dalam Berkendara Sepeda Motor

Kompas.com - 20/12/2020, 09:21 WIB
Ilustrasi berkendara di era new normal IstimewaIlustrasi berkendara di era new normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi seperti sekarang, kebiasaan hidup bersih dan sehat perlu selalu dikedepankan. Termasuk juga dalam berkendara sepeda motor.

Mayoritas masyarakat di Indonesia mengandalkan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari, mulai dari bekerja, pergi ke pasar, ke kantor, atau pergi ke tempat lainnya.

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman Berkendara Motor di Era New Normal

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, mengatakan, pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Darat sudah sangat konsen untuk memberikan indikator-indikator ke pada para pengendara sepeda motor sehingga lebih terjamin keselamatan dan kesehatannya.

Ilustrasi berkendara di era new normalIstimewa Ilustrasi berkendara di era new normal

"Aspek kesehatan menjadi penting dalam kondisi seperti sekarang ini," ujar Budi, dalam webinar bertajuk "Keselamatan Berkendara dan Adaptasi Kebiasaan Baru Menggunakan Sepeda Motor", yang digelar oleh Yamaha Indonesia, Sabtu (19/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Budi menambahkan, saat menggunakan sepeda motor, sentuhan dengan motor sendiri itu sering. Tapi saat di jalan, sangat terbuka, saling berdekatan dengan sepeda motor lain.

"Mungkin saja sepeda motor kita tidak disentuh orang lain, tapi ada virus-virus yang menempel di kendaraan kita. Agar terhindar dari Covid-19, kita harus rajin-rajin membersihkannya," kata Budi.

Baca juga: Servis Motor di Bengkel Resmi Yamaha di Era New Normal

Menurut Budi, setiap orang seharusnya mulai membiasakan diri menggunakan sarung tangan, meskipun berkendara jarak pendek. Selain itu, tetap menggunakan masker walaupun sudah memakai helm.

Berikut lima kebiasaan baru yang perlu dilakukan di era new normal menurut Ditjen Perhubungan Darat:


1. Bersihkan diri dengan mandi dan rutin mencuci tangan dengan sabun.


2. Wajib menggunakan helm, masker, jaket, sarung tangan, sepatu, dan selalu membawa hand sanitizer.


3. Gunakan perlengkapan masing-masing, hindari berbagi dengan orang lain.


4. Rutin membersihkan kendaraan, helm, dan perlengkapan keselamatan lainnya.


5. Hindari kegiatan berkendara bersama-sama (konvoi).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X