Honda Berharap Nakagami Bisa Ambil Peran Marquez di MotoGP 2021

Kompas.com - 13/12/2020, 14:22 WIB
Takaaki Nakagami akan mengawali race MotoGP Teruel dari posisi paling depan setelah menjadi yang tercepat saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Teruel, Sabtu (24/10/2020). AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOUTakaaki Nakagami akan mengawali race MotoGP Teruel dari posisi paling depan setelah menjadi yang tercepat saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Teruel, Sabtu (24/10/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang mengalami kecelakaan pada seri pembuka MotoGP 2020 di Jerez, hingga saat ini masih menjalani perawatan karena cedera tulang humerus. Bahkan Marquez juga terancam absen di tes pramusim MotoGP 2021.

Absennya Marquez membuat Takaaki Nakagami diharapkan berperan besar dalam pengembangan motor Honda Racing Coorporation (HRC) saat tes pramusim.

Rider asal Jepang itu memang menjadi salah satu kejutan di musim 2020. Meski dibekali motor yang kurang canggih, Nakagami mampu finis di posisi ke-10 pada klasemen akhir bersama tim satelit LCR Honda.

Baca juga: Manager Yamaha Bicara Soal Performa Rossi dan Vinales

Di musim mendatang, Nakagami akan dibekali dengan motor RC213V 2021. Dirinya harus bisa membuktikan bahwa ia pantas mendapatkan motor tersebut.

“Berjuang untuk gelar? Mengapa tidak. Saya yakin begitu saya naik podium untuk pertama kalinya maka segalanya akan lebih mudah bagi saya. Jadi saya ingin berjuang untuk itu (balapan pertama di Qatar),” ujar Nakagami dikutip dari GPOne, Minggu (13/12/2020).

Takaaki NakagamiTwitter/@takanakagami30 Takaaki Nakagami

Nakagami akan bersanding dengan Alex Marquez untuk membela tim LCR Honda. Sementara posisi Alex Marquez di Repsol Honda akan digantikan oleh Pol Espargaro yang baru saja pindah dari Red Bull KTM.

"Hingga saat ini, saya tak punya informasi soal mesin untuk tes di Sepang. Meski begitu, Pol datang ke Repsol dan dia memiliki banyak pengalaman dari KTM. Dia tahu betul bagaimana mengendarai motor MotoGP dan saya pikir dia mampu beradaptasi di Honda dengan cukup mudah,” kata Nakagami.

Baca juga: Lorenzo Sudah Tak Punya Gairah Balap Lagi

"Namun, kami adalah tim satelit (LCR) jadi saya tidak tahu soal suku cadang. Tentu saja kami akan memiliki beberapa suku cadang baru. Tapi saya tidak tahu apakah itu akan di uji pada dari hari pertama atau hari terakhir. Kami perlu berdiskusi dengan tim HRC," ucap pebalap berusia 28 tahun itu.

Kini Nakagami berusaha memikul tanggung jawab untuk tampil baik dan ambil alih peran Marquez di tes pramusim di MotoGP 2021.

“Saya benar-benar prihatin dengan Marquez, saya kira dia sudah bisa membalap awal tahun tapi nampaknya itu sulit,” tutur Nakagami.

“Honda telah memberi saya banyak dukungan untuk mencoba hal baru. Hal yang menyenangkan melihat begitu banyak mekanik di garasi saya. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik,” tambahnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X