Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Berharap Nakagami Bisa Ambil Peran Marquez di MotoGP 2021

Kompas.com - 13/12/2020, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez yang mengalami kecelakaan pada seri pembuka MotoGP 2020 di Jerez, hingga saat ini masih menjalani perawatan karena cedera tulang humerus. Bahkan Marquez juga terancam absen di tes pramusim MotoGP 2021.

Absennya Marquez membuat Takaaki Nakagami diharapkan berperan besar dalam pengembangan motor Honda Racing Coorporation (HRC) saat tes pramusim.

Rider asal Jepang itu memang menjadi salah satu kejutan di musim 2020. Meski dibekali motor yang kurang canggih, Nakagami mampu finis di posisi ke-10 pada klasemen akhir bersama tim satelit LCR Honda.

Baca juga: Manager Yamaha Bicara Soal Performa Rossi dan Vinales

Di musim mendatang, Nakagami akan dibekali dengan motor RC213V 2021. Dirinya harus bisa membuktikan bahwa ia pantas mendapatkan motor tersebut.

“Berjuang untuk gelar? Mengapa tidak. Saya yakin begitu saya naik podium untuk pertama kalinya maka segalanya akan lebih mudah bagi saya. Jadi saya ingin berjuang untuk itu (balapan pertama di Qatar),” ujar Nakagami dikutip dari GPOne, Minggu (13/12/2020).

Takaaki NakagamiTwitter/@takanakagami30 Takaaki Nakagami

Nakagami akan bersanding dengan Alex Marquez untuk membela tim LCR Honda. Sementara posisi Alex Marquez di Repsol Honda akan digantikan oleh Pol Espargaro yang baru saja pindah dari Red Bull KTM.

"Hingga saat ini, saya tak punya informasi soal mesin untuk tes di Sepang. Meski begitu, Pol datang ke Repsol dan dia memiliki banyak pengalaman dari KTM. Dia tahu betul bagaimana mengendarai motor MotoGP dan saya pikir dia mampu beradaptasi di Honda dengan cukup mudah,” kata Nakagami.

Baca juga: Lorenzo Sudah Tak Punya Gairah Balap Lagi

"Namun, kami adalah tim satelit (LCR) jadi saya tidak tahu soal suku cadang. Tentu saja kami akan memiliki beberapa suku cadang baru. Tapi saya tidak tahu apakah itu akan di uji pada dari hari pertama atau hari terakhir. Kami perlu berdiskusi dengan tim HRC," ucap pebalap berusia 28 tahun itu.

Kini Nakagami berusaha memikul tanggung jawab untuk tampil baik dan ambil alih peran Marquez di tes pramusim di MotoGP 2021.

“Saya benar-benar prihatin dengan Marquez, saya kira dia sudah bisa membalap awal tahun tapi nampaknya itu sulit,” tutur Nakagami.

“Honda telah memberi saya banyak dukungan untuk mencoba hal baru. Hal yang menyenangkan melihat begitu banyak mekanik di garasi saya. Semoga saya bisa memberikan yang terbaik,” tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com