Enggak Perlu Ribet, Begini Cara Mudah Bersihkan Kaca Film Mobil

Kompas.com - 13/12/2020, 14:01 WIB
ilustrasi bersihkan kaca mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniilustrasi bersihkan kaca mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pemilik mobil di hari libur, yaitu dengan membersihkan kaca mobil. Sebab, tidak perlu menguras tenaga dan menghabiskan banyak waktu.

Seperti contoh, untuk membersihkan kaca film mobil berkapasitas tujuh penumpang sekiranya hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Caranya pun sangat mudah, dan bisa dilakukan sendiri.

Baca juga: Daihatsu Diminta untuk Tambah Investasi di Indonesia

CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian mengatakan, dalam membersihkan kaca hanya butuh air biasa dan lap jenis microfiber atau chamois.

Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujanbmwbmw.org Kaca depan mobil saat berkendara ditengah hujan

“Cukup dibersihkan dengan air ke seluruh permukaan kaca kemudian di lap menggunakan janis kain microfiber atau chamois. Karena jika menggunakan lap jenis lain bisa membuat lapisan kaca atau kaca film rusak,” ujar Christopher belum lama ini kepada Kompas.com.

Christopher menyarankan, hindari membersihkan menggunakan tisu basah. Sebab dalam jangka waktu beberapa bulan ke depan, bisa menimbulkan efek belang pada kaca film.

Baca juga: Jokowi Ajak Elon Musk Investasi Kendaraan Listrik di Indonesia

“Nantinya, coating dari kaca filmnya itu sendiri menjadi rusak dan hasilnya belang. Jadi pakai air biasa saja lebih aman,” katanya.

Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan hal serupa. Menurutnya, tidak ada langkah atau perawatan khusus ketika membersihkan kaca mobil.

“Dibersihkan secara periodik saja usai berkendara. Cukup membersihkan menggunakan air dan lap saja,” kata Anjar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.