Subsidi Tidak Efektif Dorong Peralihan Elektrifikasi Kendaraan

Kompas.com - 09/12/2020, 09:22 WIB
Volvo mulai fokus pada pengembangan kendaraan listrik dan hybrid. Motoring.com.auVolvo mulai fokus pada pengembangan kendaraan listrik dan hybrid.

JAKARTA, KOMPAS.com - Volvo Cars menganggap pemberian subsidi atas kendaraan bermotor listrik untuk mendorong peralihan dari mobil konvensional alias internal combustion engine (ICE) tidak begitu efektif.

Pasalnya, dalam jangka menengah hingga panjang langkah tersebut bisa membebani neraca berjalan. Lantas ketika masyarakat telah bergantung dengan subsidi terkait, saat pemerintah setempat mencabutnya akan terjadi gejolak.

"Insentif dalam jangka pendek bisa mendorong peralihan industri. Tapi, tidak ada bisnis yang sukses dan untung dengan mengandalkan hal itu. Maka larangan penjualan mobil ICE secara langsung lebih efektif," kata Kepala Eksekutif Volvo Cars, Hakan Samuelsson dikutip dari The Financial Times, Senin (7/12/2020).

Baca juga: Nissan Ungkap 4 Tantangan Mobil Listrik di Indonesia

Ilustrasi mobil listrik VolvoTopGear Ilustrasi mobil listrik Volvo

Volvo sendiri merencanakan bila 50 persen dari penjualan produknya pada 2025 adalah mobil listrik. Sedangkan sisanya menggunakan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle alias PHEV.

"Kami yakin bahwa segmen mobil premium akan menjadi sepenuhnya menjadi versi elektrik seiring waktu dan ambisi kami adalah menjadi pemimpin di sana," lanjut dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kenali Deretan Musuh bagi Pelek Mobil

Pada kawasan Eropa sendiri, mobil dengan mesin pembakaran dalam bakal dilarang untuk dipasarkan mulai 2030. Sementara di Inggris dan Perancis, kendaraan serupa tak akan dijual lagi sepuluh tahun setelahnya atau 2040.

Alasan mereka sama, yakni untuk memangkas secara signifikan polusi udara dan suara dari kendaraan bermotor di samping mendorong mobilitas melalui perkembangan teknologi.



Sumber The Times
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X