Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akbar Rais, dari Penjaga Warnet hingga Jadi Drifter Nasional

Kompas.com - 08/12/2020, 18:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda pecinta otomotif khususnya roda empat, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Akbar Rais, yakni drifter nasional yang sudah mengikuti berbagai kejuaraan.

Akbar Rais memang terkenal jago nge-drift, bahkan dirinya telah mendirikan sekolah balap mobil untuk drifting di kawasan Gading Serpong Boulevard.

Namun siapa sangka, sebelum memulai kariernya sebagai drifter profesional Akbar Rais ternyata pernah menjaga warnet untuk memenuhi kebutuhannya.

Baca juga: Promo Skutik 150 cc Akhir Tahun, PCX Ada Cashback Belasan Juta Rupiah

Dalam pengakuan Akbar, hal itu bermula saat dirinya masih duduk di bangku kuliah. Pekerjaan tersebut dilakukan Akbar lantaran dirinya tidak ingin menyusahkan orang tua.

“Waktu itu masih zaman kuliah, kira-kira saya umur 19-20 tahun dan tidak mau terlalu merepotkan orang tua, jadi bantu-bantu untuk bayar kos dan uang kuliah. Kebetulan saya juga suka game, jadi sekalian saja menyambi sebagai penjaga warnet malam,” ujar Akbar saat ditemui Kompas.com di bilangan Jakarta Barat, Senin (7/12/2020).

Launching HSR Wheel Akbar Rais dan Aldhy RaisKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Launching HSR Wheel Akbar Rais dan Aldhy Rais

Saat itu, Akbar mulai tertarik kepada dunia tersebut berkat menyaksikan film Fast n Furious: Tokyo Drift yang dirilis pada tahun 2006. Pria berusia 33 tahun itu pun mulai mempelajari teknik drifing dari Youtube.

“Awal coba drifting itu saya di ajak teman, cobain, penasaran, akhirnya ketagihan sampai sekarang,” kata Akbar.

Setelah mengetahui minatnya pada dunia drifting begitu besar, Akbar mulai mencoba merintis hobinya tersebut secara perlahan. Dari hasil bekerjanya Akbar mulai menabung untuk sekedar membeli ban untuk mobilnya.

Baca juga: Diskon Skutik 110 cc Jelang Akhir Tahun, Tembus Jutaan Rupiah

Pada tahun 2009, Akbar berhasil mengikuti turnamen drift, hasilnya Akbar mendapatkan posisi delapan ebsar dari 40 peserta. Dari situ ia terus menekuni dunia drifting hingga akhirnya pada tahun 2015 Akbar mendapat tawaran untuk menjadi promotor drifting, momen tersebut tentu tidak dilewatkannya begitu saja oleh Akbar.

Sekolah Juragan99XAR Drift SchoolFoto: Istimewa Sekolah Juragan99XAR Drift School

Akbar Rais juga sudah mencatat beberapa prestasi, diantaranya menduduki posisi tiga di World Drive Champhionship di Jerman (2016) dan menjadi juara King of Asia di Malaysia (2017).

Sejak saat itu, tekadnya untuk menekuni dunia drifter semakin besar. Bahkan saking cintanya kepada dunia drifter, Akbar kini telah mendirikan sekolah balap Juragan99XAR Drift School bersama rekannya Gilang Widya Pramana.

“Bersyukur saat ini saya sudah bisa mendirikan sekolah drift untuk membangun generasi baru,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com