Kunci Immobilizer Hilang, Apa yang Harus Dilakukan Pemilik Mobil?

Kompas.com - 01/12/2020, 07:12 WIB
Contoh kunci immobilizer Otomania/Setyo AdiContoh kunci immobilizer
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi pengaman kendaraan roda empat seperti immobilizer memang cukup membantu pemilik mobil dalam mencegah adanya pencurian.

Bahkan, teknologi ini digadang-gadang menjadi salah satu sistem pengaman kendaraan yang paling canggih saat ini.

Sistem pengamanan ini menggunakan transponder yang ada pada anak kunci dan langsung terkoneksi dengan Electronic Control Unit (ECU).

Dengan teknologi ini, hanya anak kunci asli yang datanya sudah terdaftar di ECU saja yang bisa digunakan untuk menghidupkan mesin mobil.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Lalu bagaimana jika anak kunci immobilizer hilang?

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor ( TAM) Didi Ahadi mengatakan, jika anak kunci hilang dan masih ada kunci cadangan bisa saja dilakukan duplikasi.

Proses duplikasi kunci immobilizer pada kendaraanOtomania/Setyo Adi Proses duplikasi kunci immobilizer pada kendaraan

Tetapi, menurutnya jika satu anak kunci hilang sebaiknya dilakukan penghapusan data dari sistem ECU. Langkah ini dirasa akan lebih aman mengingat kunci yang hilang bisa digunakan orang lain.

“Misalkan salah satu anak kuncinya hilang, sebaiknya lakukan penghapusan data dari ECU. jadi nantinya, enkripsi kunci yang hilang itu bakal dihapus dari sistem ECU,” kata Didi kepada Kompas.com, Senin (30/11/2020).

Dengan penghapusan data ini, otomatis anak kunci yang hilang tadi sudah tidak bisa lagi digunakan untuk menyalakan mobil, meskipun anak kunci bisa masuk ke kontak.

Baca juga: Blokir STNK Segera Berlaku, Pelajari Regulasinya

“Jangan sampai kunci yang hilang ditemukan orang lain dan ketika dipencet orang lain, dia bisa masuk," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X