Masih Banyak yang Bingung Beda Teknologi Immobilizer dan Keyless

Kompas.com - 30/11/2020, 09:12 WIB
Jika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop. Ghulam/OtomaniaJika baterai remote keyless habis, hanya tinggal hadapkan logo Toyota pada tombol engine start stop.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Daya tarik mobil tidak hanya terletak pada bagian dapur pacunya atau bodinya yang terlihat lebih mewah.

Tetapi, bagian pengamanan kendaraan juga tidak luput dari pertimbangan konsumen ketika ingin membeli mobil.

Tidak bisa dipungkiri bahwa aksi pencurian membuat pemilik kendaraan roda empat harus memastikan bahwa mobil kesayangannya tetap aman terjaga.

Untuk itu, pabrikan pun terus berinovasi untuk menghadirkan sistem pengamanan yang lebih canggih untuk menjaga agar mobil tetap aman.

Baca juga: Ditilang, SIM Juga Bisa Dicabut Ini Aturannya

Selama ini ada beberapa teknologi pengamanan kendaraan yang sudah cukup familiar yakni teknologi smart key atau keyless dan immobilizer.

Hanya saja, ternyata masih ada yang keliru mengenai teknologi tersebut ada yang beranggapan keduanya sama.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, teknologi immobilizer dengan keyless sangat berbeda.

duplikasi kunci immobilizerKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda duplikasi kunci immobilizer

Untuk teknologi smart key tersebut lebih pada kemudahan akses pemilik kendaraan ketika akan menggunakannya.

Dengan adanya teknologi tanpa kunci itu, pemilik mobil tidak perlu membawa anak kunci melainkan cukup membawa smart key ketika mengoperasikan mobil.

Termasuk juga ketika pemilik kendaraan hendak membuka atau pun menutup pintu mobil.

Baca juga: Pelajar Bawa Motor ke Sekolah Tanpa SIM, Ini Sanksinya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X