Fitur Keselamatan Halo Selamatkan Pebalap F1 Romain Grosjean dari Maut

Kompas.com - 30/11/2020, 18:33 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Balapan F1 Bahrain 2020 diwarnai kecelakaan mengerikan yang dialami Romain Grosjean, Minggu (29/11/2020). Beruntung Grosjean masih bisa selamat usai menghantam pagar pembatas trek pada lap pertama lomba tersebut.

Grosjean tercatat menghantam pagar dengan gaya impact mencapai 50 g. Namun pebalap kelahiran Swiss 34 tahun lalu itu hanya mengalami luka bakar ringan di beberapa bagian tubuhnya, padahal mobil balap yang dikendarai sampai terbelah jadi dua.

Selain kepada tim medis dan petugas yang sigap menyelamatkan Grosjean, perangkat Halo turut mendapat pujian. Salah satu yang mengapresiasi adalah Direktur Pelaksana Formula 1 Ross Brawn.

Baca juga: Honda All New Airblade 150 Meluncur, Cocok Lawan Aerox

Menurut Brawn, perangkat keselamatan Halo awalnya mendapat banyak kritikan saat pertama kali dikenalkan pada 2018.

“Sama sekali tidak ada keraguan bahwa (Halo) yang menyelamatkan Romain dan semua tim layak mendapatkan pujian,” ujar Brawn, dilansir dari Crash.

“Jika Anda ingat ada cukup banyak kontroversi pada saat memperkenalkannya dan saya tidak berpikir siapa pun sekarang dapat meragukan validitas Halo. Angkat topi untuk semua orang yang terlibat karena itu adalah penyelamat hari ini,” katanya.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Tim dan Pebalap MotoGP 2021

Untuk diketahui, pengaman Halo merupakan komponen keselamatan tambahan wajib pada mobil F1 yang menggunakan bahan utama titanium dan terkoneksi dengan rangka utama mobil.

Bentuknya mengkurva pada sisi atas kepala pebalap, yang fungsinya melindungi kepala pebalap ketika mengalami tabrakan atau terguling.

Dalam kejadian yang menimpa Grosjean saat tabrakan, barrier atau pembatas jalan tidak langsung mengenai kepala pebalap, melainkan membentur Halo.

Baca juga: Kenyamanan Nissan Serena C27 Dipakai di Dalam dan Luar Kota

Terbukti dalam potongan video kecelakaan, terlihat bahwa bagian bawah barrier melengkung dan terpotong karena ditabrak, sementara bagian atasnya tidak.

Pada hari itu, Halo juga menyelamatkan pebalap F1 lainnya, yaitu Lance Stroll dari tim Racing Point. Ia selamat dari benturan dengan pebalap lain yang membuat mobilnya terguling dan terbalik.

Beruntung ada Halo yang menjadi tumpuan, bila tidak kepalanya bisa jadi langsung berbenturan dengan permukaan jalan.

“(Kecelakaan) itu adalah sesuatu yang sudah lama tidak kami lihat dan menurut saya standar keselamatan di sirkuit luar biasa, tetapi hari ini kami melihat sesuatu yang tidak kami prediksi,” kata Brawn.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.