Banyak Crash di MotoGP 2020, Ini Tiga Pebalap Paling Sering Kecelakaan

Kompas.com - 30/11/2020, 15:11 WIB
Kecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring. TWITTER.com/MOTOGPKecelakaan pada MotoGP Austria 2020 yang melibatkan Johann Zarco dan Franco Morbidelli di tikungan 3 Sirkuit Red Bull Ring.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendati hanya diselenggarakan sebanyak 14 seri balap imbas pandemi virus corona alias Covid-19, ajang MotoGP 2020 tak lepas dari drama crash atau kecelakaan. Bahkan, jumlahnya meningkat 1,2 persen dari tahun lalu.

Berdasarkan pernyataan resmi MotoGP, diketahui musim ini seri balap yang sukses terlaksana berkurang 5 ronde. Tetapi, hal tersebut tak lantas membuat persaingan tidak 'panas'.

Ini dibuktikan dari banyaknya pebalap andal yang turun aspal karena berbagai hal, mulai tersenggol pebalap lain, kesalahan teknis, sampai insiden serupa lainnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Rasa Kantuk Menghinggapi Saat Mengendarai Motor

Johann Zarco di MotoGP Valencia, Minggu (17/11/2019)KOMPAS.com/Ruly Johann Zarco di MotoGP Valencia, Minggu (17/11/2019)

Posisi pertama daftar pebalap MotoGP yang paling banyak mengalami kecelakaan di tahun ini masih dipegang oleh Johann Zarco (Avintia Ducati) dengan total crash 15 kali baik pada sesi latihan, kualifikasi, serta race day.

Sebagai pembanding, tahun lalu tercatat ia terjatuh dari motor sebanyak 16 kali dari 19 seri balap. Hanya saja daya rusak yang ditimbulkan oleh Zarco musim 2020 lebih tinggi karena hampir mencelakai para pebalap Monster Energy Yamaha.

Kemudian berada di bawahnya ada pebalap rookie Alex Marquez dari Repsol Honda yang keluar area balap sebanyak 14 kali bersama RC213V-nya.

Baca juga: Ingat Ada Bahaya Mengangkat Kaki Saat Melewati Genangan

Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, terjatuh saat mengalami crash pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 5 Juni 2010.AFP/STR Pebalap Yamaha, Valentino Rossi, terjatuh saat mengalami crash pada sesi latihan bebas MotoGP Italia di Sirkuit Mugello pada 5 Juni 2010.

Posisi ketiga lalu ditempati Aleix Espargaro (Aprilia) dengan jumlah jatuh sebanyak 12 kali dalam satu musim.

Sementara pada posisi terbalik atau pebalap yang jarang jatuh ditempati Danillo Petrucci (2 kali jatuh), Andrea Dovizioso (0 kali jatuh), dan Maverick Vinales (0 kali jatuh).



Sumber MotoGP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X