Lawan Covid-19, AMMDes Water Tank Beralih Fungsi Semprot Disinfektan

Kompas.com - 30/11/2020, 14:51 WIB
AMMDes Water Tank dipakai untuk Disinfektan KemenperinAMMDes Water Tank dipakai untuk Disinfektan
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) milik PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia ( KMWI), Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) kembali menggelar sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

Penyemprotan disinfektan menggunakan AMMDes kali ini dilakukan di sejumlah wilayah. Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan, hal tersebut merupakan fasilitas kepada daerah yang membutuhkan peran AMMDes untuk penanganan Covid-19.

"Kami memberikan fasilitasi kepada daerah-daerah yang membutuhkan peran AMMDes penyemprot disinfektan. Ini adalah wujud nyata dari kolaborasi antara pemerintah dengan pelaku industri dalam rangka menghadapi pandemi Covid-19," ujar Taufiek dalam keterangan resminya, Senin (30/11/2020).

Baca juga: PO Putra Remaja Rilis Tiga Bus Baru dari Karoseri Morodadi Prima

Unit yang digunakan merupakan AMMDes yang telah dimodifikasi atau alih fungsi dari water tank menjadi unit penyemprotan disinfektan.

Menggunakan tangki berkapasitas 600 liter, tahap pertama sterilisasi mencakup enam rukun warga (RW) dari target seluruhnya mencapai 13 RW di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Ilustrasi Kendaraan AMMDesKemenperin Ilustrasi Kendaraan AMMDes

Taufiek menjelaskan, aspek kesehatan merupakan faktor penting sebagai penopang produktivitas masyarakat. Karena itu, aktivitas ekonomi harus jalan beriringan dengan upaya mematuhi aturan protokol kesehatan secara ketat.

"Kami memang berkomitmen menjaga aktivitas ekonomi bisa berjalan di tengah masa pandemi ini, termasuk kegiatan di sektor industri, karena fungsi esensialnya dalam memproduksi beragam produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," ucap Taufiek.

Baca juga: AMMDes Turut Berperan Tekan Penyebaran Pandemi Covid-19

Taufiek optimistis, apabila masyarakat tetap produktif dan pelaku industri bisa menjalankan usahanya dengan baik selama masa pandemi, akan mengakselerasi upaya pemulihan ekonomi nasional sehingga tidak terjadi krisis.

AMMDes Digimodz 2020IMX 2020 AMMDes Digimodz 2020

"Kondisi ini terlihat dari pertumbuhan signifikan sektor industri yang memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti industri makanan, dilanjutkan industri yang memproduksi alat-alat rumah tangga, dan kini industri lainnya seperti kendaraan bermotor juga mulai mengalami peningkatan penjualan," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X