Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jurus Utama Agar Aman Saat Road Trip

Kompas.com - 30/11/2020, 13:05 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aris F Harvenda

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, mulai banyak orang yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil atau biasa disebut road trip.

Agar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Don Seco, pehobi kegiatan off road dan adventure mengatakan, setidaknya ada tiga poin yang perlu dilakukan dalam berkendara, khususnya sebelum dan saat melakukan road trip.

Baca juga: Belum Punya Rencana Menikmati Libur Akhir Tahun? Coba “Road Trip”...

1. Kondisi Jalan dan Kondisi Pengendara

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya cek dulu rute perjalanan yang akan dilalui. Pengetahuan akan kondisi dan medan tempur di perjalanan sangat diperlukan untuk mengantisipasi dan mematangkan persiapan saat berkendara.

Ilustrasi barang-barang memenuhi bagasi mobil saat road tripShutterstock/HTeam Ilustrasi barang-barang memenuhi bagasi mobil saat road trip

“Kalau medan perjalanan tergolong sangat berat, saya pilih ban tipe Mud Terrain. Jika kondisi medan sedang atau tidak terlalu berat, yang digunakan ban jenis All Terrain. Tetapi untuk kebutuhan sehari-hari di dalam kota, saya gunakan tipe ban Highway Terrain,” ujar Don Seco, dalam keterangan resmi Michelin, belum lama ini.

Don Seco menambahkan, jangan lupa untuk ekstra hati-hati dan memperhatikan keselamatan pengguna jalan yang lain seperti pesepeda atau pejalan kaki.

“Mental dan kondisi kesehatan pengendara juga harus siap, sehat, dan stabil supaya fokus saat berkendara,” kata Don Seco.

Baca juga: Usai Dipakai untuk Perjalanan Jarak Jauh, Mobil Wajib Dicuci

2. Jaga Jarak saat Berkendara

Faktor penting lainnya adalah menjaga jarak saat berkendara. Langkah ini penting untuk dilakukan, apalagi saat ingin mendahului kendaraan lain.

"Diharapkan dapat mendahului dengan aman dan tertib. Bahkan saat melakukan konvoi menuju lokasi tertentu, dianjurkan untuk memperlambat laju kendaraan," ujar Don Seco.

Great Ocean Road di Victoria merupakan salah satu jalur road trip yang populer di Australia.Dok. Tourism Australia Great Ocean Road di Victoria merupakan salah satu jalur road trip yang populer di Australia.

3. Perlengkapan Berkendara

Sabuk pengaman termasuk dalam perlengkapan berkendara. Penting untuk selalu menggunakannya selama mengemudi, termasuk juga penumpang.

Sabuk pengaman wajib digunakan untuk meminimalisasi risiko saat terjadi kecelakaan.

"Selain itu, seringkali pengendara lupa untuk mengecek kondisi kendaraan secara berkala. Padahal pemeriksaan dan perawatan kendaraan sangat diperlukan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi kendaraan, apakah layak jalan atau malah butuh dilakukan penggantian komponen, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama digunakan," kata Don Seco.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com