3 Jurus Utama Agar Aman Saat Road Trip

Kompas.com - 30/11/2020, 13:05 WIB
Ilustrasi mengemudi. Agung KurniawanIlustrasi mengemudi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan ini, mulai banyak orang yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan mobil atau biasa disebut road trip.

Agar tetap aman dan nyaman selama di perjalanan, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Don Seco, pehobi kegiatan off road dan adventure mengatakan, setidaknya ada tiga poin yang perlu dilakukan dalam berkendara, khususnya sebelum dan saat melakukan road trip.

Baca juga: Belum Punya Rencana Menikmati Libur Akhir Tahun? Coba “Road Trip”...

1. Kondisi Jalan dan Kondisi Pengendara

Sebelum memulai perjalanan, sebaiknya cek dulu rute perjalanan yang akan dilalui. Pengetahuan akan kondisi dan medan tempur di perjalanan sangat diperlukan untuk mengantisipasi dan mematangkan persiapan saat berkendara.

Ilustrasi barang-barang memenuhi bagasi mobil saat road tripShutterstock/HTeam Ilustrasi barang-barang memenuhi bagasi mobil saat road trip

“Kalau medan perjalanan tergolong sangat berat, saya pilih ban tipe Mud Terrain. Jika kondisi medan sedang atau tidak terlalu berat, yang digunakan ban jenis All Terrain. Tetapi untuk kebutuhan sehari-hari di dalam kota, saya gunakan tipe ban Highway Terrain,” ujar Don Seco, dalam keterangan resmi Michelin, belum lama ini.

Don Seco menambahkan, jangan lupa untuk ekstra hati-hati dan memperhatikan keselamatan pengguna jalan yang lain seperti pesepeda atau pejalan kaki.

“Mental dan kondisi kesehatan pengendara juga harus siap, sehat, dan stabil supaya fokus saat berkendara,” kata Don Seco.

Baca juga: Usai Dipakai untuk Perjalanan Jarak Jauh, Mobil Wajib Dicuci

2. Jaga Jarak saat Berkendara

Faktor penting lainnya adalah menjaga jarak saat berkendara. Langkah ini penting untuk dilakukan, apalagi saat ingin mendahului kendaraan lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X