BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Honda Prospect Motor

Belum Punya Rencana Menikmati Libur Akhir Tahun? Coba “Road Trip”...

Kompas.com - 16/10/2019, 09:05 WIB
Ilustrasi road trip bersama keluarga SHUTTERSTOCKIlustrasi road trip bersama keluarga

KOMPAS.com – Mengadakan pesta barbeque dengan menu ayam bakar, jagung bakar, atau ikan bakar mungkin sudah menjadi tradisi sekalangan orang Indonesia dalam menikmati momentum pergantian tahun.

Tak jarang dari mereka juga telah menyiapkan puluhan kembang api untuk nantinya dinyalakan bersama-sama. Suasana akrab nan meriah seakan menyatu dalam momen malam tahun baru.

Namun, ada juga orang yang mungkin sudah bosan untuk melakukan kegiatan yang sama setiap tahunnya. Bila Anda merasakan hal tersebut, coba lakukan sedikit terobosan untuk menikmati momentum libur akhir tahun.

Baca juga: Mencari Pemandangan Indah di Candi Ceto dengan Honda BR-V

Melakukan perjalanan darat atau acap disebut road trip, misalnya. Dalam road trip, ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan selama perjalanan sampai tempat tujuan, seperti melihat indahnya lansekap alam, menjajal kuliner dengan cita rasa lokal, atau berkunjung ke destinasi anti-mainstream.

Road trip juga memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan menggunakan jasa transportasi umum yang sering kali full booked pada musim liburan.

Honda BR-V saat mengunjungi kawasan kebun teh dan Candi Ceto dalam Merapah 5 Warisan Budaya Batikkompas.com Honda BR-V saat mengunjungi kawasan kebun teh dan Candi Ceto dalam Merapah 5 Warisan Budaya Batik

Waktu lebih fleksibel

Dari segi fleksibilitas waktu, road trip dengan mobil pribadi menjadi pilihan terbaik yang mungkin bisa Anda pilih.

Ambil contoh, bila di tengah-tengah perjalanan tampak hamparan luas sawah dengan background pegunungan yang indah, Anda bisa dengan mudah berhenti dan menikmati pemandangan itu sejenak.

Selain itu, dengan kendaraan pribadi, Anda juga bisa beristirahat kapan pun Anda mau.
Asal tahu saja, melansir Kompas.com, Minggu (2/6/2019), dalam menempuh perjalanan jarak jauh kondisi badan harus tetap sehat dan bugar.

Setidaknya, Anda membutuhkan istirahat untuk peregangan otot setiap empat jam sekali.

Harga lebih terjangkau

Keuntungan lainnya bila Anda melakukan perjalanan road trip bersama keluarga adalah biaya yang lebih terjangkau.

Sebagai perumpamaan, Anda cukup membayar biaya tol sebesar Rp 338.000 ditambah biaya bensin sekitar Rp 250.000 bila Anda berasal dari Jakarta dan ingin menuju Semarang untuk berlibur. Satu mobil pun bisa diisi maksimal enam sampai tujuh orang.

Bandingkan bila Anda menggunakan pesawat terbang. Untuk satu tiket perjalanan saja sudah memakan biaya sekitar Rp 500.000 per orang untuk sekali perjalanan.

Selain pesawat terbang, ada juga moda transportasi bus atau kereta api.

Namun demikian, biaya transportasinya masih lebih terjangkau mobil pribadi bila jumlah keluarga yang ikut sekitar lima sampai tujuh orang.

Anda pun lebih memiliki pengalaman tak terlupakan bersama keluarga di perjalanan.

Honda BR-V melintasi jalur Tawangmangu menuju Candi Cetokompas.com Honda BR-V melintasi jalur Tawangmangu menuju Candi Ceto

Mudah menjangkau segala medan

Ingin menuju destinasi pegunungan dengan jalan curam menanjak atau menjangkau hidden beach yang tidak dilalui jalan utama?

Hal tersebut tidak menjadi masalah yang berarti bila Anda mengendarai mobil pribadi.
Anda bisa dengan bebas memilih destinasi impian yang dituju tanpa harus bingung untuk menjangkaunya.

Namun begitu, ada satu hal yang wajib Anda perhatikan agar pengalaman road trip menjadi lebih aman, yakni gunakan mobil yang memiliki sistem keselamatan mumpuni, seperti yang dimiliki New Honda BR-V.

Baca juga: Agresif di Jalan Menanjak, Berapa Konsumsi BBM Honda BR-V?

Terdapat tiga sistem keselamatan utama yang ada pada mobil tersebut, di antaranya teknologi Anti-Lock Braking System (ABS) + Electronic Brake Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), dan pretensioner with load limiter seatbelt.

Sistem pertama, yakni ABS + EBD. Secara sederhana, sistem ABS merupakan fitur keselamatan pada pengereman yang membuat roda tidak terkunci saat mengerem mendadak. Sedangkan sistem EBD membantu untuk mengatur distribusi pengereman pada setiap ban sesuai dengan kebutuhan.

Rombongan Honda BR-V melewati jalur agak kasar di sebuah tambak garam di Lasem, Jawa Tengah.kompas.com Rombongan Honda BR-V melewati jalur agak kasar di sebuah tambak garam di Lasem, Jawa Tengah.

Kemudian, melansir laman resmi Honda, sistem VSA merupakan teknologi keselamatan yang secara khusus didesain untuk menstabilkan manuver kendaraan bahkan jika roda kemudi diputar secara mendadak.

Terakhir, pretensioner with load limiter seatbelt. Sistem ini merupakan teknologi pintar pada fitur sabuk pengaman.

Cara kerjanya hampir sama seperti airbag. Bila ada benturan keras secara tiba-tiba, sistem ini akan secara otomatis mengencangkan ikatannya sehingga pengemudi atau penumpang tetap dalam kondisi aman.

Nah, dengan begini pengalaman road trip akan menjadi lebih menyenangkan.

Selamat berlibur!

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya